Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 02 September 2015

Resep Membuat Sambal Oncom Khas Sumedang

Advertisement
Advertisement

Resep Sambal Oncom Khas Sumedang – Hidangan pedas memang menjadi salah satu hidangan favorit kebanyakan orang, termasuk orang Indonesia. Negara kita yang memang kaya rempah ini membuat hampir semua makanannya memakai bahan dapur tersebut. Tak ketinggalan dengan cabai. Benda kecil yang rasanya dapat membakar lidah tersebut memang banyak dipakai di setiap masakan. Salah satunya untuk membuat sambal. Makan nasi atau makanan lainnya tanpa menggunakan sambal akan terasa hambar. Karena sesungguhnya sambal itu sendiri merupakan penikmat yang tiada tara kelezatannya.

Sambal sendiri ada banyak jenisnya, seperti sambal bawang, sambal tomat, sambal terasi, sambal ijo dan lain sebagainya. Tidak kalah dengan sambal yang sudah disebutkan, oncom juga dapat diolah menjadi hidangan pedas tersebut. Jawa Barat yang memang terkenal dengan oncomnya, terus mengkreasikan hidangan dengan bahan utama bahan tersebut. Sambal ini berasal dari Sumedang, Jawa Barat yang juga terkenal dengan tahunya. Melalui resep sambal oncom khas Sumedang, Anda akan dijelaskan cara-cara membuatnya.

Sambal Oncom Khas Sumedang
Sambal Oncom Khas Sumedang 
Membikin olahan oncom untuk dijadikan sambal itu tidaklah sesulit apa yang Anda pikirkan. Sebab, bahannya mudah didapatkan dan proses pembuatannya pun tidak ribet. Jadi, jika Anda sedang memasak dan membuat sambal, cobalah dengan mengganti sambal Anda dengan alternatif lain seperti hidangan ini. Baca resep sambal oncom khas Sumedang untuk mengetahuinya.

Bahan:

  • 100 gram oncom
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh gula pasir
  • 8 buah cabai rawit merah (bisa ditambahkan jika kurang pedas)
  • 1 cm kencur
  • Tespong
  • Terung hijau
  • Selada secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Sambal Oncom:

  1. Iris oncom menjadi potongan kecil-kecil
  2. Kemudian panaskan minyak dan goreng oncom yang telah dipotongi sampai matang.
  3. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  4. Panaskan minyak lagi, kemudian tumis bawang putih, bawang merah dan cabai rawit sampai layu. Kemudian angkat.
  5. Haluskan tumisan tersebut bersama garam, kencur dan gula
  6. Tambahkan juga oncom yang sudah digoreng dan haluskan kembali sambil diaduk supaya bumbunya merata.
  7. Sajikan sambal oncom khas Sumedang di piring saji bersama dengan lalapan mentah.
Sajian ini bisa dimakan bersama nasi putih yang masih panas. Atau jika Anda ingin menjadikan cemilan, ambil kerupuk untuk menemaninya. Sambal ini juga cocok dimakan bersama ikan goreng yang masih segar. Sangat lezat dan gampang dibuat bukan? Takaran bumbu di atas bisa Anda tambahkan, terutama untuk oncom, garam, dan cabai. Jika Anda ingin porsi yang lebih banyak, tambahkan oncom yang lebih banyak pula. Anda juga bisa menambahkan lebih banyak cabai agar cita rasanya menjadi pedas dan membuat Anda ketagihan. Resep Sambal Belacan Khas Jambi

Semoga resep sambal oncom khas Sumedang dapat menghilangkan rasa penasaran Anda terhadap hidangan khas Sumedang ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana