Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 13 Oktober 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Daging Sirloin

Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Daging Sirloin – Sirloin atau has luar merupakan bagian belakang sapi yang teksturnya cukup lembut, sehingga sangat ideal dijadikan olahan steak. Dalam memotongnya, biasanya disertai tulang yang melekat sedikit. Tulang tersebutlah yang diyakini menambah kekhasan serta cita rasa steak sirloin.

Daging Sirloin
Daging Sirloin
Namun, biasanya beberapa orang justru menyukai sirloin yang tanpa tulang. Rata-rata ukurannya 2,5-3,5 inci dan ketebalanya 1 inci. Cukup, lah untuk membuat Anda kenyang. Nah, selain enak dan porsinya pas, ternyata juga terdapat manfaat dan kandungan gizi dari daging sirloin. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi mengkonsumsinya selama tidak berlebihan!

  1. Pengetahuan
    Sirloin adalah bagian sapi yang sering digunakan untuk bergerak, jadi yang banyak terdapat di dalamnya adalah otot sapi, bukan lemaknya. Karena banyak orang yang salah mengartikan bagian kenyal dari sirloin adalah lemak, padahal sebenarnya itu otot. Lemak yang kami maksudkan disini adalah lemak jenuh dan lemak tak jenuh.
  2. Kandungan Nutrisi
    Para ahli telah melakukan penelitian terhadap 8 ons daging sirloin atau sekitar 227 gram. Terbukti mengandung 67 gram protein dan 26 gram lemak, sisanya berbagai gizi lainnya seperti vitamin, mineral dan energi serta kandungan air.
  3. Kalori
    Masih dalam jumlah yang sama, sirloin sapi mengandung sekitar 400 kkal dengan rincian kadar protein menyediakan 280 kalori dan lemaknya 120 kalori. Sehingga, satu porsi steak sirloin mampu mencukupi kebutuhan kalori harian Anda.
  4. Kandungan Vitamin
    Terdapat 4 mcg vitamin B12, 1,5 gram vitamin B6, 19 mg niasin serta 0,35 mg riboflavin. Vitamin lainnya yang terkandung adalah vitamin E, K, asam pantotenat, folat dan tiamin.
  5. Mineral
    Kandungan mineral dalam daging sirloin adalah fosfor, zinc, selenium, kalium dan zat besi. Per 8 ons, terkandung 525 mg fosfor, 12 mg zinc, 7 mcg selenium, 850 mg kalium dan 4 mg zat besi.
  6. Lemak
    Lemak yang terkandung dalam daging sirloin mampu meningkatkan kadar kolesterol yang bisa menimbulkan penyakit-penyakit kardiovaskuler. Jadi, konsumsi maksimal seminggu sekali agar Anda terhindar dari bahaya penyakit tersebut.
  7. Tips Pengolahan
    Apabila daging sirloin diolah dengan resep yang berbeda, maka bisa jadi nilai gizinya berkurang. Cara terbaik untuk memasaknya adalah dengan dipanggang, dioven serta menggunakan panas tinggi. Sebab, beberapa metode tersebut mampu menurunkan kadar lemak dalam daging.

    Bumbu-bumbu yang digunakan pun juga harus diperhatikan, pastikan tidak membuat Anda gemuk misalnya minyak zaitun, sayur serta buah-buahan segar dan sebagainya. Hindari pemakaian keju, krim asam dan mayones, apalagi jika berlebihan.

Aneka resep masakan dari daging yang mudah kamu praktekkan di rumah : Resep Membuat Semur Daging Khas Kalimantan Barat

Demikianlah manfaat dan kandungan gizi dari daging sirloin. Terdapat dua jenis sirloin, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Namun, bagian atas paling banyak diminati karena dagingnya lebih lembut. Nah, bisa dibayangkan betapa nikmatnya kalau diolah menjadi steak favorit Anda, bukan? Salam masakan!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana