Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 14 Oktober 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Tongkol

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Tongkol – Sepertinya ikan tongkol sudah tidak asing lagi bagi pembaca, karena banyak dijual di pasaran. Tongkol adalah jenis ikan air asin yang masih keluarga dengan tuna dan cakalang. Di Indonesia, terdapat dua jenis ikan tongkol yang dijual di pasaran, yakni tongkol segar dan tongkol pindang.

Ikan Tongkol
Ikan Tongkol
Tongkol segar biasa ditemukan di pasar maupun supermarket-supermarket. Sering dibeli untuk keperluan rumah makan dan diolah dengan resep timbung tongkol khas NTB maupun makanan kalengan. Sedangkan tongkol pindang biasanya sudah dipotongi dulu dan dimasak dengan dipindang. Umumnya tongkol pindang dijual di pasar tradisional dan digunakan sebagai bahan tongkol balado. Tapi tenang saja, keduanya memiliki manfaat dan kandungan gizi dari ikan tongkol, kok!

  1. Omega 3
    Melalui penelitian yang dilakukan John Hopkins School of Medicine menyatakan kandungan omega 3 pada ikan tongkol bermanfaat mngurangi resiko Age Macular Disease (AMD) atau sejenis penyakit mata yang diakibatkan penuaan. Omega 3 juga menurunkan resiko kerusakan pada mata. Manfaat lainnya adalah menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kemampuan kognitif pada janin dan orang biasa.

    Selain itu, omega 3 juga membantu menjaga saluran pencernaan, sehingga resiko penyakit kanker pada organ-organ di dalamnya pun berkurang. Salah satu penyakit kanker yang bisa dicegah dengan konsumsi ikan tongkol adalah kanker ovarium.
  2. Kandungan Protein
    Protein pada ikan tongkol jumlahnya cukup tinggi dan juga rendah lemak. Manfaat-manfaatnya adalah memberikan energi yang cukup bagi tubuh, mengikat lemak, memperkuat dan meningkatkan massa otot serta menambah daya tahan tubuh.

  3. Kandungan EPA
    EPA membantu menstimulasi hormon leptin yang mampu mengurangi nafsu makan (yang berlebihan), sehingga Anda akan terhindar dari yang namanya obesitas.

  4. Zat Besi
    Seperti yang kita tahu, zat besi bermanfaat mencegah anemia yang ditandai dengan lemah, letih, lesu, lemas dan lunglai, pucat, menurunnya daya tahan tubuh dan nyeri di persendian. Konsumsi setiap hari dengan cara direbus atau dibuat sup akan membantu menyembuhkan anemia.
  5. Selenium
    Manfaat selenium dalam ikan tongkol adalah membantu organ hati untuk mengeluarkan racun atau detoksifikasi. Jadi, tugas selenium adalah mempercepat serta membantu prosesnya.

  6. Manfaat Lainnya
    Tongkol ternyata bisa menyembuhkan penyakit rheumatik, lho. Apabila sudah parah, bisa dikonsumsi setiap hari untuk membantu penyembuhannya. Selain dagingnya, insang tongkol juga bermanfaat terutama untuk mengatasi ejakulasi dini. Pengolahannya cukup sederhana, yakni direbus bersama 4 lembar daun jeruk purut dan garam, lalu airnya diminum.

    Meskipun demikian, manfaat yang satu ini masih belum diuji secara ilmiah, sehingga harus dilakukan penelitian lebih lanjut.

Resep dari ikan tongkol yang lezat dan kaya gizi : Resep Membuat Timbung Tongkol Khas NTB

Walaupun murah, tongkol memiliki kandungan gizi yang cukup melimpah dan sangat baik bagi kesehatan tubuh pembaca. Ikannya sendiri sudah kelewat enak, bisa diolah menjadi masakan apa saja dan juga banyak digemari hampir seluruh masyarakat Indonesia, lagi. Diharapkan dengan adanya manfaat dan kandungan gizi dari ikan tongkol, Anda mulai tergerak untuk hidup sehat dan mengkonsumsinya secara teratur. Salam masakan!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana