Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 13 Mei 2015

Jus Buah Pinang Khas Jambi

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Jus Buah Pinang Khas Jambi - Siapa yang tidak mengenal buah pinang. Buah pinang berasal dari sebuah pohon pinang yang mempunyai ketinggian hingga 25 meter. Bentuknya mirip dengan pohon kelapa dengan pelepah daun yang seperti tabung dengan ujung daun yang sobek. Pohon pinang sendiri juga tidak kalah terkenal dibandingkan buahnya. Karena bentuk pohon pinang yang lurus seperti kelapa dan tingginya mencapai 25 meter, maka kerap dijadikan sebagai ajang perlombaan. Dan ini terkenal dengan sebutan panjat pinang.

Jus Buah Pinang Jambi
Jus Buah Pinang Jambi


Buah pinang sangat digemari karena terkenal dengan berbagai manfaatnya. Salah satu manfaat buah pinang yang sudah dikenal oleh masyarakat luas sejak dulu adalah untuk membersihkan gigi dan sering menyebutnya dengan istilah “nginang”. Namun, kini telah berbeda buah pinang sekarang tidak hanya digunakan untuk membersihkan gigi namun juga untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti penyaki kulit, diare, disentri dan juga pendarahan. Bahkan biji pinang juga berguna sebagai obat cacingan, khususnya cacing pita. Tidak hanya sebagai pengobat, jus pinang juga berperan aktif untuk menjaga stamina seseorang. Tak heran memang, karena dulunya buah pinang kerap dimanfaatkan sebagai makanan tentara yang tengah berperang. Mereka mengonsumsinya untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan juga semangat.

Mengetahui banyak manfaat pinang bagi kesehatan, kini pinang mulai diolah sebagai jus. Manfaat jus pinang ini akan sangat kentara jika dikonsumsi secara wajar, rutin dan tidak berlebihan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan alkaloida dan juga arekaina yang berfungsi merangsang otak dan juga menyebabkan ketagihan. Mengonsumsinya berlebih dikhawatirkan justru berdampak buruk pada kesehatan. Jadi, untuk mengambil manfaat maksimal dalam jus buah pinang, syaratnya harus mengonsumsinya secara wajar.

Nah, jus buah pinang ini biasanya dicampur dengan telur ayam/bebek. Nah, untuk memaksimalkan khasiat dari jus pinang, biasanya dicampur dengan berbagai macam rempah. Penasaran dengan cara membuat jus pinang dan bahan apa saja yang digunakan? Langsung saja cek bahannya dibawah ini:

  • Gula merah
  • Daun pandan
  • Jahe
  • 2 biji pinang muda yang telah diambil isinya
  • Cengkeh
  • Serai
  • 10 – 15 butir merica hitam yang disangrai dan digiling halus
  • 1 ruas jari kunyit yang telah dibersihkan kulit arinya
  • 1 – 2 butir telur bebek yang diambil kuningnya
  • Pir/melon yang dipotong kecil
  • 1 sendok makan madu asli
  • ¼ gelas cendol
  • 1 sendok makan madu

Bagaimana? Cara membuat jus buah pinang itu cukup mudah kan? Cukup campurkan semua bahan diatas dan haluskan menggunakan blender. Jika kamu adalah seorang yang pertama kali merasakan jus buah pinang, rasanya mungkin akan sedikit aneh, tapi untuk khasiatnya dijamin luar biasa. Ini termasuk jus yang terbilang sangat favorit khususnya untuk warga Jambi. Jadi, selamat mencoba !

2 komentar:

  1. mantap artikel nya,,saya izin masukin link nya ke artikel saya ya mbak..
    salam kenal dari kompaswisata.com :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan kak , salam kenal jg :) terimakasih sudah berkunjung.

      Hapus

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D