Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 03 September 2015

Resep Membuat Dodol Hideung Ketan Khas Karawang

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Dodol Hideung Ketan Khas Karawang – Dodol merupakan oleh-oleh yang banyak dijumpai di hampir berbagai daerah di Indonesia. Garut adalah salah satunya. Namun, seiring dengan jaman yang semakin berkembang, dodol banyak dikreasikan menjadi resep khas daerah yang berbeda-beda, seperti Betawi dan kota di Jawa Barat, yaitu Karawang. Karawang memiliki dodol khas yang terbuat dari bahan utama ketan. Rasa dan aromanya sangat khas daerah tersebut. Sama seperti dodol lainnya, dodol ketan dimasak selama berjam-jam dengan kayu dan api sedang sampai berwarna coklat kehitam-hitaman.

Jika Anda pecinta jajanan ini, tidak perlu pergi ke daerah asalnya untuk sekedar icip-icip. Dodol ketan ini bisa Anda buat sendiri di rumah. Walaupun proses memasaknya berjam-jam, dijamin tidak akan membuat Anda lelah kalau sudah merasakan rasa dan aromanya. Begitu lembut pada gigitan pertama dan ketannya begitu terasa. Bukankah makanan ini bisa dijadikan camilan yang istimewa? Bisa saja dengan resep dodol hideung ketan khas Karawang yang membantu Anda mengolahnya.
Dodol Hideung Ketan Khas Karawang
Dodol Hideung Ketan Khas Karawang 
Jangan berfikir bahwa cara membuatnya sulit dan lama. Pikirkan kenikmatan yang akan Anda dapatkan jika hidangan ini sudah matang. Resep dodol hideung ketan khas Karawang tidak akan mengecewakan Anda dalam membuatnya, kok. Perhatikan semua bahan dan prosesnya sampai selesai.

Bahan:

  • 250 gram tepung beras
  • ¼ kg tepung ketan
  • 450 gram gula merah yang diiris halus
  • ½ liter santan kental
  • ½ liter santan cair
  • 1 lembar daun pandan yang disobek-sobek dan disimpulkan.
  • ¼ sendok teh garam
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat Dodol Ketan:

  1. Masak santan kental, daun pandan, gula merah dan garam sampai mendidih. Kemudian angkat daun pandannya.
  2. Lalu larutkan tepung dengan santan encer sampai rata. Tuang sedikit demi sedikit ke dalam santan kental yang dididihkan. Aduk terus.
  3. Letakkan daun pisang pada loyang sebagai alas. Tuangkan adonan yang sudah jadi sambil diratakan. Dan biarkan dingin
  4. Potong-potong sesuai selera dan bungkus dalam kertas minyak atau plastik.
  5. Dodol hideung ketan sudah bisa Anda nikmati

Sudah bisa dipastikan Anda tidak akan kelelahan setelah menerapkan apa yang ada di resep dodol hideung ketan khas Karawang ini karena setelahnya, Anda disuguhi hidangan yang menggugah selera. Jajanan di Indonesia memang beragam, mulai dari kue kering, kue basah, keripik asin maupun pedas. Namun, pandai-pandailah memilihnya agar tidak menimbulkan masalah pada pencernaan Anda. Baca Juga : Resep Membuat Pepes Ikan Khas Karawang

Salah satu jajanan yang patut ada dalam daftar list pembelian jajanan bulanan Anda adalah dodol ketan ini. Dan dodol tersebut adalah pilihan yang pas untuk dikonsumsi. Akan tetapi, sekarang, kan Anda sudah mempunyai resep dodol hideung ketan khas Karawang, jadi tidak perlu membeli untuk menikmatinya. Cukup sediakan bahan-bahannya saja dan dodol ketan khas Karawang akan tersaji di meja keluarga Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D