Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 14 September 2015

Resep Membuat Cimplung Khas Sumpiuh

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Cimplung Khas Sumpiuh – Cimplung. Seperti bunyi sesuatu yang dilemparkan ke dalam air atau sungai. Namun, cimplung adalah nama makanan atau lebih tepatnya jajanan yang berasal dari daerah Sumpiuh, Jawa Tengah. Makanan ini sangat terkenal di daerah asalnya sebagai jajanan yang sedap, manis dan mengenyangkan. Kalau Anda merasa risih mendengar namanya, jangan dengar lagi. Rasakan saja dengan lidah Anda bagaimana rasa dari makanan bernama aneh tersebut. Sudah dipastikan Anda akan ketagihan dan ingin mencobanya lagi dan lagi.

Tapi, kalau pergi ke Jepara dirasa sangat jauh hanya untuk mendapatkan oleh-oleh cimplung tersebut, Anda bisa mengobati permasalahan tersebut dengan menerapkan apa saja yang ada dalam resep cimplung khas Sumpiuh. Itu artinya, Anda bisa membuat hidangan ini di rumah untuk dimakan bersama keluarga di akhir pekan. Pas sekali, karena saat-saat tersebut merupakan saat santai Anda dan keluarga. Cimplung tidak bisa tidak ada di sana untuk menemani Anda. Santai tanpa cimplung akan sangat hampa.

Cimplung Khas Sumpiuh
Cimplung Khas Sumpiuh 
Oleh karena itu, resep cimplung khas Sumpiuh akan menunjukkan pada Anda makna santai yang sebenarnya bersama jajanan ini. Nah, untuk Anda yang benar-benar ingin membuatnya, silahkan siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan baca kelanjutan resepnya.

Bahan:

  • 150 gram tepung ketan
  • 1 gelas air hangat
  • ¼ sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Besta:

  • 150 ml air
  • 100 gram gula pasir
  • 50 gram gula merah

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama yang Anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan.
  2. Ambil tepung ketan, air hangat dan garam. Campur dan uleni sampai rata serta kalis.
  3. Kalau sudah kalis, bentuk adonan menjadi bentuk oval. Setelah itu pipihkan. Lakukan sampai adonan habis
  4. Kemudian panaskan minyak dan goreng cimplung sampai matang merata. Angkat dan tiriskan. Sisihkan
  5. Buatlah besta dengan cara memanaskan gula merah, gula pasir dan air. Aduk sampai kental dan berambut
  6. Masukkan kue cimplung yang sudah ditiriskan tadi. Aduk sebentar lalu matikan api.
  7. Tetap aduk sampai gulanya mengering dan kue tersebut terbalut
  8. Angkat dan sajikan di piring saji.
  9. Hidangan siap dinikmati

Menikmati jajanan di waktu santai memang perlu. Selain untuk menghibur diri (sebagian orang biasa menghibur diri dengan mengemil), ngemil juga diperlukan untuk menjalin keakraban dengan keluarga. Sembari mengobrol kan lebih enak. Apalagi sebagian orang menyukai makanan yang manis-manis. Kue cimplung ini salah satunya. Itu semua karena resep cimplung khas Sumpiuh telah membimbing Anda dengan baik.

Sudah tidak sabar, bukan untuk mencicipinya bersama keluarga? Lanjutkan istirahat Anda dan merasakan nikmatnya cimplung ini. Resep cimplung khas Sumpiuh pamit dan lanjutkan kreasi Anda dengan resep-resep lainnya agar dapat untuk mengasah bakat memasak Anda. Baca Juga : Resep Membuat Sup Tegean Khas Sumpiuh

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D