Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 30 September 2015

Resep Membuat Enting-Enting Khas Jogja

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Enting-Enting Khas Jogja – Selain di Salatiga, enting-enting juga ada di Jogja. Walaupun teksturnya sedikit berbeda dan bahan serta rasanya berbeda pula, namun tetaplah keduanya adalah makanan khas Indonesia yang patut untuk dilestarikan. Enting-enting adalah makanan tradisional yang lezat dengan kekhasan rasa manis serta gurih. Jika Anda membeli oleh-oleh khas Jogja, jangan lewatkan jajanan yang satu ini. Banyak dijual di toko oleh-oleh maupun di pasar tradisional, lho. Silahkan saja membeli untuk keluarga yang ada di rumah.

Akan tetapi, kalau Anda tidak berencana untuk pergi ke Jogja dalam minggu-minggu ini, silahkan membuatnya di rumah dengan resep enting-enting khas Jogja. Dijamin, jika membuatnya dengan resep ini tidak akan mengurangi kekhasan rasa yang diciptakannya. Lagipula cocok sekali untuk pesediaan camilan keluarga Anda. Bisa membuat Anda tidak perlu lagi berbelanja jajanan di swalayan yang belum tentu dijamin kesehatannya. Lebih baik membuat sendiri, bukan? Apalagi resep enting-enting khas Jogja sudah tersedia untuk Anda.
Enting-Enting Khas Jogja
Enting-Enting Khas Jogja
Cara membuatnya sangat mudah, Anda hanya perlu membaca resep enting-enting khas Jogja dengan cermat dan menerapkannya kemudian.

Bahan:

  • 1 sendok makan wijen, disangrai
  • 50 ml air
  • ¼ kg gula pasir
  • 400 gram kacang tanah, kupas kulitnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dengan lengkap
  2. Lalu ambil loyang kemudian olesi dengan minyak secukupnya. Sisihkan.
  3. Panggang kacang tanah yang sudah dikupas tadi sampai matang. Lalu angkat
  4. Panaskan gula pasir sampai meleleh sambil dituangi air secukupnya. Masak karamel tersebut sampai larut kemudian matikan api
  5. Masukkan kacang tanah yang sudah dipanggang tadi. Aduk-aduk agar tercampur rata.
  6. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak. Ratakan sampai benar-benar pas semuanya
  7. Taburkan wijen yang sudah disangrai di atasnya. Lalu diamkan selama beberapa saat sampai mengeras
  8. Setelah itu, baru potong-potong sesuai selera.
  9. Enting-enting siap dinikmati

Anda bisa memotong enting-enting dengan bentuk yang sudah umum, yaitu persegi panjang dengan ketebalan kurang lebih ½ cm saja. Atau, jika ingin variasi lain bisa pula dibuat segitiga atau bentuk lainnya yang disukai oleh anak Anda. Yang penting sesuai dengan resep enting-enting khas Jogja. Pasti sangat mengasyikkan memiliki camilan ketika kita sedang membutuhkannya. Saat akan kerja lembur misalnya, jika tidak ada camilan rasanya kurang. Karena kalau lembur sampai malam, jarang ada penjual nasi yang lewat kecuali di tempat-tempat tertentu. Dan pasti persediaan nasi di rumah juga habis. Ngemil adalah salah satu caranya untuk menunda lapar sampai esok pagi. Baca Juga : Resep Membuat Dendeng Age Khas Jogja

Nah, demikianlah resep enting-enting khas Jogja. Semoga resep ini bermanfaat untuk Anda dan selamat memasak. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D