Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 30 September 2015

Resep Membuat Gathot Khas Jogja

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Gathot Khas Jogja – Gatot merupakan makanan khas Jawa Tengah, yaitu Jogja. Makanan yang terbuat dari gaplek dan dipadukan bersama kelapa parut ini memang memiliki rasa yang khas. Tak heran jika orang jaman dulu sering mengkonsumsinya dan menjadikan makanan ini sebagai menu makan pagi atau sarapan. Karena tidak terbuat dari bahan-bahan kimia, gatot bisa dibilang menyehatkan. Bisa dilihat sendiri semua bahan yang ada di reset gathot khas Jogja tergolong bahan-bahan alami. Oleh karena itu, coba sekali saja Anda menjajal makanan ini yang sudah tersedia di pasar-pasar tradisional di Pulau Jawa.

Untuk menikmatinya, Anda hanya perlu membayar Rp1.000-Rp2.500 saja. Sangat murah, bukan? Terlebih satu porsi gathot saja sudah membuat kenyang. Jadi tak ada salahnya untuk menyantap makanan ini baik di pagi ataupun siang hari. Namun, idealnya, sih pagi hari. Dengan menyantapnya secara rutin, akan sehat untuk pencernaan Anda. Akan tetapi, Anda tidak mau, kan terus menerus membelinya di pasar tradisional ataupun di tempat tertentu. Hal itu akan membuat dompet Anda menipis. Ada solusi paling jitu, yaitu dengan membuat hidangan ini di rumah menggunakan resep gathot khas Jogja.
Gathot Khas Jogja
Gathot Khas Jogja
Apa itu resep gathot khas Jogja? Resep ini adalah panduan yang akan Anda gunakan untuk membuat gathot tanpa menghilangkan kekhasan rasanya dari Jawa Tengah. Untuk itulah resep gathot khas Jogja disediakan. Untuk Anda yang benar-benar berminat, silahkan mencoba resep ini dan buktikan kebenarannya.

Bahan:

  • ¾ kg gaplek
  • 1 sendok makan garam
  • 1 butir kelapa, parut
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan semua bahan yang diperlukan
  2. Kemudian rendamlah gaplek. Lalu iris tipis dan kukus selama beberapa saat sampai matang. Angkat. Sisihkan
  3. Ambil kelapa, bersihkan kemudian cuci dan parut memanjang.
  4. Beri garam secukupnya pada parutan kelapa tersebut
  5. Siapkan piring saji yang sudah dialasi daun pisang
  6. Tata gatot di atasnya, lalu beri taburan kelapa parut
  7. Gatot siap untuk dinikmati bersama keluarga.

Gathot pada umumnya sering dibungkus daun pisang. Hal ini membuat aroma serta rasanya tetap terjaga. Jika Anda ingin membungkusnya di daun pisang juga tidak apa-apa, malah akan seperti menyantap gathot yang ada di pasaran. Meskipun kadang bentuknya tidak disukai anak, namun Anda harus tetap mengenalkannya pada mereka. Membuat mereka mencobanya sedikit supaya mereka tahu bahwa makanan Indonesia memiliki rasa yang khas dan terutama sangat menyehatkan. Sudah bisa diduga bahwa mereka akan ketagihan mencicipi gathot buatan Anda dengan resep gathot khas Jogja tadi. 
Baca Juga : Resep Membuat Enting-Enting Khas Jogja

Nah, baik, sampai disini saja resep gathot khas Jogja. Semoga panduan ini membantu Anda dan teman-teman. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D