Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 12 September 2015

Resep Membuat Getuk Goreng Khas Banyumas

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Getuk Goreng Khas Banyumas – Sebelumnya, Anda sudah dijelaskan cara membuat getuk, bukan? Nah, sekarang ada makanan khas Sokaraja, Banyumas, yaitu getuk goreng. Bagaimana, ya rasanya? Getuk yang diolah biasa saja sudah enak, apalagi kalau digoreng. Bisa membuat lidah Anda cethar nantinya. Kelegitan rasanya membuat mulut setiap orang tidak bisa berhenti mengunyah. Sensasi gula Jawanya, itu, lho yang membuat Anda ketagihan. Walaupun demikian, sekarang getuk goreng tidak hanya memiliki rasa original dengan gula Jawa. Tapi, sudah ada rasa lain seperti rasa durian dan lainnya. Hanya dua puluh lima ribu rupiah saja, Anda sudah bisa membawa pulang satu kilo getuk goreng khas Banyumas. Tertarik, bukan?

Getuk Goreng Khas Banyumas
Getuk Goreng Khas Banyumas
Bagi Anda yang rumahnya jauh dari Banyumas, tidak usah khawatir. Cukup membaca resep getuk goreng khas Banyumas ini dan menyiapkan bahan-bahannya untuk kemudian diolah menjadi hidangan istimewa. Hidangan ini kan bisa Anda gunakan sebagai jajanan di waktu santai, bukankah begitu? Keluarga Anda juga sudah pasti menyukainya. Tunggu apa lagi? Baca resep getuk goreng khas Banyumas sampai selesai dan cermat ya. Agar tidak ada kekeliruan sedikitpun.

Bahan:

  • 1 kg singkong
  • ¼ gram gula merah atau gula Jawa
  • 1 sendok makan terigu
  • 75 gram tepung beras
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama adalah mengupas kulit singkong dan cuci bersih.
  2. Potong-potong kemudian rebus sampai matang
  3. Lalu iris halus gula merah dan tambahkan air secukupnya. Rebus sampai gula melumat dan tercampur dengan air
  4. Saat masih panas, lumatkan singkong atau diuleg saja biar lebih gampang. Beri taburan gula sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.
  5. Letakkan getuk singkong di ats nampan atau tampah yang sudah dialasi daun pisang. Kemudian ratakan dengan ketebalan sesuai selera (tapi jangan tebal-tebal). Potong menjadi kotak-kotak sesuai selera juga. Lalu sisihkan.
  6. Campur tepung beras, tepung terigu, air dan garam secukupnya sampai adonan mengental
  7. Panaskan minyak dan celupkan getuk yang sudah dipotongi ke dalam adonan terigu. Guling-guling sampai tercampur
  8. Jika minyak sudah panas, goreng getuk sampai warnanya menjadi kekuning-kuningan. Lakukan sampai getuk habis. Angkat dan tiriskan
  9. Tata di piring saji, hidangan getuk goreng siap untuk dinikmati

Memberikan camilan, terutama untuk anak Anda tidak boleh asal. Nah, getuk goreng ini bisa jadi salah satu camilan yang menyehatkan. Tidak mengandung bahan pengawet, lagi. Untuk keluarga Anda juga bisa. Dimakan bersama teh atau kopi tidak masalah. Apapun minumnya, camilannya tetaplah getuk goreng. Nikmati kelezatannya pada gigitan pertama dan Anda tidak akan menyesal telah membuat hidangan ini hingga lelah. 

Semoga resep getuk goreng khas Banyumas ini benar-benar membantu Anda, ya! Tetap memasak, jangan hilangkan motivasi itu dari dalam diri Anda. Baca Juga : Resep Membuat Bakmi Nyemek Khas Sumpiuh

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D