Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 23 September 2015

Resep Membuat Getuk Khas Jogja

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Getuk Khas Jogja – Getuk adalah makanan khas daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Ada beberapa kota di Jawa Tengah yang menjadikan makanan ini sebagai kuliner khasnya, yaitu Magelang dan Jogja. Kali ini resep getuk khas Jogja datang dari kota tersebut. Memang makanan ini sering dijumpai di berbagai tempat, terutama di pasar tradisional. Harganya yang sangat murah dan biasa dijual oleh mbah-mbah selalu menjadi daya tarik bagi siapapun yang lewat di depan tempat jualannya. Apalagi warnanya yang cerah turut menarik perhatian anak-anak.

Jika Anda pergi ke pasar, jangan lupa membelikan mereka getuk sebagai camilan. Lagipula makanan ini tidak mengandung bahan pengawet dan sangat sehat sekali. Jadi tidak heran kalau setiap Anda memakan getuk sedikit saja, pasti sudah kenyang. Itulah keunggulannya, getuk sangat mengenyangkan. Nah, bagi Anda yang berminat untuk berkreasi dengan masakan ini bisa mencoba resep getuk khas Jogja.
Getuk Khas Jogja
Getuk Khas Jogja
Untuk permulaan, silahkan membaca resep getuk khas Jogja terlebih dahulu dan pastikan semua yang Anda butuhkan sudah tersedia. Selamat mencoba!

Bahan:

  • 500 gram singkong
  • 150 gram gula Jawa atau gula pasir
  • ½ sendok teh garam
  • ½ buah kelapa, diparut
  • Pewarna makanan secukupnya
  • Air secukupnya
  • Perasan daun suji

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan dan bumbunya.
  2. Kemudian kupas kulit singkong dan cuci bersih.
  3. Langkah selanjutnya adalah memotong singkong sesuai selera atau sekitar 5-7 cm.
  4. Lalu rebus singkong tersebut sampai matang. Angin-anginkan sampai uapnya menghilang.
  5. Berikutnya, kukus parutan kelapa tadi selama beberapa menit
  6. Campurkan singkong yang sudah direbus bersama gula dan sedikit garam. Hancurkan sampai lembut atau lumat menggunakan ulegan atau alat apapun
  7. Jika Anda ingin getuk dengan warna kesukaan Anda, bisa dipisah menjadi beberapa bagian untuk memberikan warna berbeda di tiap bagiannya.
  8. Lalu aduk-aduk sampai pewarna untuk getuknya tercampur rata
  9. Sajikan getuk di piring saji bersama parutan kelapa tadi

Sebenarnya jika Anda lebih suka dengan tidak memakai pewarna, Anda dapat memanfaatkan gula pasir atau gula merah dan daun suji dalam bahan resep getuk khas Jogja di atas. Kenapa demikian? Gula pasir akan memberi warna putih pada getuk, gula merah memberi warna cokelat pada getuk seperti yang sering kita temui. Sedangkan daun suji memberi warna hijau pada getuk tersebut. Bukankah memakai bahan-bahan alami tidak akan membuat Anda cemas jika dimakan oleh anak Anda? Baca Juga : Resep Membuat Geplak Khas Jogja

Baiklah, sampai di sini resep getuk khas Jogja. Semoga panduan ini membantu Anda dan sangat bermanfaat untuk ke depannya. Selamat memasak dan menikmati hidangan Anda, serta Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D