Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 04 September 2015

Resep Membuat Kerupuk Melarat Khas Cirebon

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Kerupuk Melarat Khas Cirebon – Kerupuk melarat adalah kerupuk yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Melarat dalam bahasa jawa artinya miskin. Kenapa dinamakan demikian? Mungkin karena olahan ini hanya memerlukan sedikit bahan, yaitu tepung tapioka dan garam serta bawang saja. Dengan bahan-bahan yang simple tersebut, tetap menjadikan rasa kerupuk ini begitu unik dan lezat. Apalagi kalau dimakan untuk cemilan atau dicocol saus sambal. Pasti sangat nikmat. Kerupuk yang satu ini wajib harus ada di toples-toples rumah Anda.

Selain itu, kerupuk melarat juga bisa digunakan untuk lauk tambahan jika Anda atau keluarga terbiasa makan dengan tambahan lauk yang kriuk-kriuk. Kerupuk ini banyak dijual sebagai jajanan di seluruh pusat oleh-oleh Cirebon. Ada juga di daerah lain, seperti Jawa Timur yang mempunyai olahan kerupuk ini dengan nama berbeda. Tentunya setiap daerah memiliki kekhasan masing-masing. Tapi, maukah Anda mencoba untuk membuat olahan ini? Tidak perlu membeli lagi mulai sekarang. Sebab, di dapur Anda sendiri, makanan ini akan tersaji. Resep kerupuk melarat khas Cirebon akan datang di meja dapur untuk membantu Anda.

Kerupuk Melarat Khas Cirebon
Kerupuk Melarat Khas Cirebon
Cara membuatnya yang sangat mudah juga turut menjadi daya tarik tersendiri. Karena setiap makanan yang diolah sendiri akan jauh lebih nikmat daripada membeli di luar. Kalau mengolahnya sendiri, kan kita tahu sudah memasukkan bahan apa saja dan berbahaya atau tidaknya bagi kesehatan kita. Bahan dalam resep kerupuk melarat khas Cirebon juga sangat simple, tidak membutuhkan yang aneh-aneh, kok.

Alat-Alat:

  • Pisau
  • Tampah
  • Timbangan

Bahan-bahan:

  • 1 kg bawang putih
  • Tepung tapioka secukupnya
  • 4 ½ garam
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan-bahan di atas (bawang putih harus sudah dihaluskan). Lalu campur dan aduk sampai merata.
  2. Letakkan adonan pada sebuat cetakan yang berukuran 1 ½ cm x 2 ½ cm. Dan tuangkan air mendidih dalam adonan tersebut. Ketinggian air yang dicorkan setinggi 1 meter di atas tepung. Gunakan air mendidih sekitar 3 ember untuk mengecor adonan.
  3. Biarkan tepung menjadi gumpalan seperti kanji yang mengental. Adonan kanji yang mengental ini yang akan dijadikan sebagai bahan kerupuk
  4. Campur kanji tadi dengan sisa tepung yang tidak dicor. Buat gelondongan dari bahan tersebut.
  5. Aduk sampai merata dan mengeras. Jika sudah mengeras, bisa diiris tipis sesuai dengan selera
  6. Tata di atas tampah kerupuk yang belum jadi tersebut. Tutup sampai matang dan jangan terlalu lama.
  7. Setelah cukup, pindahkan dari tampah ke wadah yang lain dengan hati-hati
  8. Jemur irisan tersebut sampai kering
  9. Kalau sudah kering, baru bisa digoreng dengan pasir sungai yang telah dibersihkan (tidak menggunakan minyak)
  10. Taruh di toples ketika sudah matang
  11. Kerupuk melarat siap menemani makan Anda
Proses menutup irisan kerupuk di tampah jangan terlalu lama. Karena kalau terlalu lama menutupnya bisa jadi kualitas kerupuk akan jelek. Resep kerupuk melarat khas Cirebon sudah menjelaskan semua rasa penasaran Anda, bukan? Jangan takut batuk kalau mengkonsumsinya. Kerupuk melarat kan tidak digoreng dengan minyak, jadi tetap sehat disantap kapanpun. Semoga resep kerupuk melarat khas Cirebon ini membantu, ya. Baca Juga : Resep Membuat Empal Gentong Khas Cirebon

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D