Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 22 September 2015

Resep Membuat Kue Kaoya Dudul Khas Rembang

Advertisement
Advertisement

Resep Kue Kaoya Dudul Khas Rembang – Kue kaoya dudul sering disebut kue koyah oleh masyarakat sekitar. Kue kering ini berasal dari salah satu kota di Jawa Tengah, yaitu Rembang. Kue koyah sangat populer di daerah Jawa. Anda dapat menemukannya di toko oleh-oleh di Rembang dengan harga yang terjangkau. Kalaupun mahal, Anda pasti tidak menyesal mengeluarkan uang untuk paduan kelezatan unik yang tercipta dari kue ini.

Namun tidak selamanya Anda harus membeli kue kaoya dudul sebagai oleh-oleh. Bisa saja untuk persediaan Anda dan keluarga di rumah Anda membuatnya dengan resep kue kaoya dudul khas Rembang. Itu akan sangat menguntungkan Anda, di samping pengeluaran yang tidak banyak, juga tidak akan repot-repot memesan jajanan lebaran karena Anda sudah bisa membuatnya.
Kue Kaoya Dudul Khas Rembang
Kue Kaoya Dudul Khas Rembang
Resep kue kaoya dudul khas Rembang memang mudah diterapkan dan sudah pastinya Anda bisa membuatnya dengan gampang serta praktis. Mari simak kelanjutan resepnya supaya Anda lebih mengerti.

Bahan:
  • 200 gram kacang hijau
  • ¼ sendok teh vanilla essence atau perasa vanilla
  • 175 gram gula pasir halus
  • Air matang secukupnya
Cara Membuat:
  1. Persiapkan bahan-bahan yang diperlukan dengan baik.
  2. Kemudian langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyangrai kacang hijaunya. Kupas sampai bersih kulitnya, kemudian tumbuk hingga benar-benar halus
  3. Anda bisa menggunakan blender jika dirasa menumbuk menyulitkan Anda.
  4. Lalu saring hasil tumbukan tadi untuk memastikannya sudah halus dengan benar
  5. Tambahkan gula pasir dan perasa vanilla. Aduk-aduk dan campur sampai rata.
  6. Tuangkan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan tersebut sembari diaduk-aduk sampai merata dan membentuk adonan yang pulen. Uleni dengan tangan agar Anda sudah tahu seberapa pulen yang diinginkan
  7. Panaskan oven dengan api sedang menuju kecil dengan suhu 145-160 Derajat Celcius
  8. Sementara menunggu ovennya panas, cetak adonan ke dalam cetakan yang Anda gunakan. Tekan-tekan sampai padat
  9. Baru masukkan cetakan berisi adonan tersebut ke dalam oven. Panggang sebentar hingga matang dan mengering.
  10. Angkat kemudian dinginkan beberapa menit dengan suhu ruangan sebelum dimasukkan ke dalam toples.
Kue yang biasa disebut kue satu kacang hijau ini memang memiliki rasa yang khas. Kalau digigit sekilas teksturnya mirip kue garut. Namun, jelas berbeda bahan dan campurannya. Kalau Anda lebih teliti pasti bisa membedakannya. Nah, tidak sulit bukan membuat kue ini dengan resep kue kaoya dudul khas Rembang? Kalau sulit katakan saja bahwa hidangan Anda sangat enak, pasti kesulitan itu berkurang menjadi kebanggaan tersendiri. 
Baca Juga : Resep Membuat Kerupuk Kerapu Khas Jepara

Anda bisa mencetak kue dengan cetakan sesuai selera karena di beberapa toko perlengkapan pastry sudah banyak cetakan yang beragam. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D