Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 16 September 2015

Resep Membuat Kue Keciput Khas Jepara

Advertisement
Advertisement

Resep Kue Keciput Khas Jepara – Jika dilihat sekilas, keciput ini seperti telur onde-onde, ya. Atau onde-onde mini. Tapi, sebenarnya bukan. Bentuknya saja yang kebetulan sama. Walaupun keciput bentuknya bervariasi, ada yang lonjong atau digulung seenaknya. Bahannya pun berbeda dari onde-onde. Kue ini termasuk dalam golongan kue kering. Rasanya yang renyah membuat Anda tidak akan bisa berhenti mengunyah.

Sama dengan onde-onde, keciput juga menggunakan wijen sebagai taburannya. Rasa yang tercipta dari paduan wijen dengan kerenyahan kue itu sendiri menciptakan sensasi yang tak bisa dilupakan. Apalagi kue kering ini rasanya manis, pasti akan menggoda lidah Anda untuk segera mencicipinya. Tidak hanya di Jepara, kue keciput sudah terkenal hampir di seluruh pulau Jawa. Ada yang membuat dengan versinya sendiri, bahkan. Namun, jika Anda ingin membuat makanan ini dengan rasa yang khas dari daerah asalnya, Anda bisa menerapkan resep kue keciput khas Jepara.

Kue Keciput Khas Jepara
Kue Keciput Khas Jepara 
Dipandu oleh resep kue keciput khas Jepara, Anda akan membuatnya dengan cara yang lebih mudah dan gampang. Prosesnya pun tidak memakan banyak waktu. Silahkan simak berikut ini.

Bahan:

  • 300 gram tepung beras ketan
  • 1 gelas santan kelapa kental
  • 100 gram keju cheddar, diparut halus
  • 100 gram wijen putih
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 3 sendok teh garam halus
  • 2 butir telur ayam
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh soda kue
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Campur bahan telur ayam dan gula pasir, kocok sampai gulanya hancur dan menjadi lembut.
  2. Kemudian tambahkan keju cheddar yang sudah diparut halus beserta tepung beras ketan ke dalam adonan. Aduk-aduk sampai semua tercampur rata.
  3. Masukkan juga baking powder dan soda kue. Aduk kembali sampai rata kemudian diuleni hingga kalis.
  4. Setelah itu, bentuk adonan sesuai selera, bisa lonjong atau bulat dengan ukuran kecil supaya lebih mudah matang saat digoreng. Lalu gulirkan pada wijek yang sudah ditaburkan di atas tampah atau wadah lainnya.
  5. Lakukan langkah di atas sampai adonan habis.
  6. Panaskan minyak secukupnya, lalu goreng kue keciput sampai matang dan berwarna kunin kecoklatan. Kira-kira proses penggorengannya sekitar 10 menit. Angkat dan tiriskan.
  7. Taruh di tampah yang sudah dilapisi koran agar dingin dulu.
  8. Setelah dingin baru masukkan ke dalam toples.
  9. Camilan kue keciput siap dinikmati

Kue keciput tidak hanya bisa dimakan sebagai camilan, namun, bagi Anda yang ingin menggunakannya sebagai langkah awal sebuah usaha pun bisa. Melalui resep kue keciput khas Jepara ini Anda akan diajarkan untuk membuatnya. Setelah sudah berlatih dan mahir, baru bisa menjual kue keciput ke toko-toko atau pasar tradisional. Nah, bagi Anda yang tidak suka keju, bisa menghapus bahan tersebut dari daftar bahan. Selamat menikmati hidangan Anda. Salam koki!
Baca Juga : Resep Membuat Kue Cetot Khas Jepara

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D