Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 04 September 2015

Resep Membuat Kue Serabi Khas Bogor

Advertisement
Advertisement

Resep Kue Serabi Khas Bogor – Serabi tidak hanya ada di Solo saja. Di Bogor yang sering disebut kota hujan ini juga memiliki makanan khas yang sama. Akan tetapi, tentu rasanya akan berbeda jika keduanya dibandingkan. Solo memiliki kekhasan sendiri, begitupun dengan Bogor. Tetap dengan rasanya yang manis ini, serabi Bogor ternyata terbuat dari bahan utama santan dan tepung terigu. Kekhasannya yang berciri khas Bogor ini membuat banyak orang menggemari hidangan ini. Di sepanjang jalanan di Bogor, dijual serabi dengan beraneka rasa. Setiap pagi juga ada penjual yang menjualnya untuk sarapan pagi sehabis jogging misalnya.

Serabi pandan khas Bogor ini bisa Anda nikmati kapan saja. Asal di kota Anda menjualnya, tidak perlu khawatir. Tapi, bagaimana jika di kota Anda tidak menjual kue serabi khas Bogor ini? Karena Anda sudah mencari resep kue serabi khas Bogor, Anda wajib untuk membuatnya juga. Buat apa kalau hanya membacanya saja tanpa menerapkan apa yang ada dalam langkah-langkah pembuatannya?
Kue Serabi Khas Bogor
Kue Serabi Khas Bogor 
Dijamin sangatlah mudah membuat kue ini. Kalau Anda membuatnya sesuai dengan instruksi, prosesnya akan praktis dan simple.

Bahan:

  • 200 gram tepung terigu
  • 300 cc santan
  • 1 butir telur
  • 50 cc air daun pandan atau suji
  • 1 sendok teh baking powder
  • ¼ sendok teh garam
  • Minyak sayur untuk olesan
  • Bahan Untuk Saus Kinca
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 500 cc santan

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencampurkan tepung terigu dan baking powder yang kemudian diayak
  2. Kocok telur dengan garam hingga berbuih. Masukkan santan dan air daun pandan atau suji. Aduk sampai merata
  3. Campurkan kedua adonan yang telah disiapkan sedikit demi sedikit. Jangan lupa diuleni agar rata dan halus. Diamkan selama 1-2 jam.
  4. Panaskan wajan serabi yang dibuat dari tanah liat. Olesi minyak pada wajannya.
  5. Tuangkan 3-4 sendok makan adonan dan tunggu hingga permukaan serabi muncul pori-porinya. Tutup dan masak sampai matang. Kemudian angkat.
  6. Ulangi proses di atas sampai adonan habis

Cara Membuat Saus Kinca:

  1. Didihkan semua bahannya sambil diaduk. Hal ini dilakukan agar santannya tidak pecah.
  2. Angkat dan dinginkan beberapa menit.

Serabi dimanapun memang sama, akan tetapi yang membuat serabi khas Bogor ini istimewa adalah dengan adanya saus kinca walaupun sebenarnya serabi bisa dimakan langsung tanpa tambahan apapun. Baca Juga : Resep Membuat Doclang Khas Bogor

Namun, untuk membuatnya lebih manis dan tidak hambar, saus kinca ini sangat dibutuhkan dan patut untuk dicoba. Resep kue serabi khas Bogor ini mesti Anda simpan untuk dibaca dan diikuti langkahnya di lain waktu. Semoga hidangan Anda memuaskan, ya. 

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D