Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 11 September 2015

Resep Membuat Pecel Gendar Khas Sragen

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Pecel Gendar Khas Sragen – Pecel gendar agaknya berbeda dengan pecel pada umumnya. Cara penyajian dan tampilannya yang unik inilah yang membedakannya. Namun, rasanya tidak kalah dengan pecel biasa yang dijual di berbagai daerah. Makanan khas Sragen tersebut bisa dibilang sederhana karena dimana-mana hidangan pecel memang termasuk kuliner sederhana, bukan. Tapi, jika Anda sudah merasakannya, pasti liur Anda akan berceceran mengingat rasanya yang khas dan masih nikmat walaupun telah ada sejak jaman dulu.

Fakta ini dikemukakan oleh sebagian orang yang merupakan penikmat setia nasi pecel. Percayalah, meskipun kuliner selalu berganti, nasi pecel tetap selalu ada di hati. Siapapun orangnya pasti mengatakan hal demikian. Karena memang itulah kenyataannya. Sarapan tanpa nasi pecel bagaikan dunia tanpa seorang kekasih, pasti akan hampa. Maka dari itu, nasi pecel tidak pernah lekang oleh waktu. Begitu pula dengan pecel gendar ini. Kuliner asal Sragen ini bisa Anda buat di rumah, lho. Karena sekarang sudah ada resep pecel gendar khas Sragen.
Pecel Gendar Khas Sragen
Pecel Gendar Khas Sragen 
Anda adalah orang yang beruntung kalau membaca resep pecel gendar khas Sragen ini. Selain itu, Anda juga harus bangga bahwa sebentar lagi sudah bisa membuatnya. Kalau sudah begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk menghidangkan sajian keluarga yang berbeda dari biasanya. Masih tidak percaya? Inilah kenyataannya. Cara membuat nasi pecel gendar ini sangatlah mudah dan bahan-bahan yang dibutuhkan tidak sulit ditemukan.

Bahan Pecel:

  • Kecambah, rebus
  • Kecipir, potongi dan rebus
  • Bunga turi, rebus
  • Selada air satu ikat, potongi dan rebus
  • Sambal pecel yang banyak dijual di pasar maupun swalayan

Bahan Gendar:

  • ¼ liter beras
  • 1 ruas jari bleng (untuk mengenyalkan adonan)
  • Garam secukupnya
Cara Membuat Gendar:
  1. Aron beras sampai air menyusut dan setengah matang. Kemudian angkat dan campur dengan larutan bleng serta garam. Aduk sampai merata dan diamkan sepuluh menit. Lalu kukus selama seperempat jam.
  2. Angkat nasi dan tumbuk sampai halus. Kemudian dinginkan
  3. Potong-potong gendar sesuai selera

Cara Menyajikan:

  1. Tata gendar yang sudah dipotongi ke dalam piring saji. Tambahkan sayuran yang sudah direbus di atasnya. Lalu siram dengan sambal pecel yang telah diseduh.
  2. Pecel gendar siap disajikan

Jika Anda belum tahu apa itu gendar, gendar itu semacam puli atau uli. Di pasar tradisional banyak sekali dijual puli dengan bumbu pecel. Oh, iya, gendar ini selain bisa dibuat untuk olahan sarapan bersama pecel, juga bisa dijadikan kerupuk karak atau kerupuk nasi. Dengan cara diiris tipis dan dijemur kemudian digoreng. Jadilah kerupuk karak. Bisa dinikmati bersama pecel gendar pula. 

Sekian resep pecel gendar khas Sragen. Tetap memasak dan jadilah koki keluarga yang hebat. Baca Juga : Resep Nasi Pecel Khas Madiun

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D