Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 11 September 2015

Resep Membuat Pilus Keju Khas Tegal

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Pilus Keju Khas Tegal – Anda tentu tahu apa itu pilus. Jajanan berbentuk bulat-bulat ini memang memiliki rasa yang gurih dan renyah. Apalagi bila dijadikan teman makan nasi atau mie goreng. Namun, di Tegal pilus berbentuk lonjong karena pembentukannya digulung-gulung. Akan tetapi, rasanya tetap sama gurihnya, kok. Pilus yang khas di Tegal ini memiliki rasa keju. Hmm, di samping gurihnya, juga ada rasa yang berbeda dari keju itu sendiri. Kalau Anda sudah pernah ke Tegal, pasti juga pernah mencicipi jajanan yang banyak dijual di toko oleh-oleh ini.

Jajanan ini biasanya digunakan untuk hidangan di waktu lebaran. Selain itu, bisa juga untuk jajanan tasyakuran. Nah, daripada Anda pesan dengan harga yang lebih tinggi, lebih baik membuat saja sendiri. Resep pilus keju khas Tegal akan mengajari Anda bagaimana cara membuatnya. Tidak akan membutuhkan banyak waktu, kok. Hanya sebentar saja untuk memahami resep dan membuatnya. Makanya, diharapkan Anda dapat membaca keseluruhan isi resep agar tidak kebingungan pada saat membuatnya.
Pilus Keju Khas Tegal
Pilus Keju Khas Tegal 
Silahkan saja disimak kelanjutan resep pilus keju khas Tegal. Lalu, baru Anda bisa mempraktekkan semua langkah-langkahnya. Kecermatan Anda dalam membaca resep sangat dibutuhkan di sini agar hidangan yang jadi sesuai dengan harapan Anda.

Bahan:

  • ¼ kg tepung sagu
  • 50 gram keju muda yang diparut
  • 3 butir telur
  • ¼ sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama adalah, kocok telur dan masukkan garam beserta keju. Aduk sampai rata
  2. Tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diayak. Uleni sampai adonan kalis serta bisa dibentuk.
  3. Bentuk adonan sesuka hati. Bisa dibuat bulat kecil atau dibuat lonjong.
  4. Setelah selesai membentuknya, panaskan minyak dan goreng. Pastikan pilus terendam minyak.
  5. Kecilkan api sampai minyak panas dan pilus mengapung. Aduk-aduk sampai matang dan kering
  6. Lakukan hal tersebut sampai adonan pilus habis. Kemudian angkat dan tiriskan
  7. Letakkan pilus keju di atas tampah atau wadah seperti baskom sebelum memasukkannya ke dalam toples

Simpan pilus di toples jika sudah dingin agar tetap renyah serta bisa dikonsumsi kapanpun. Resep pilus keju khas Tegal ini bisa menghasilkan 350 gram pilus keju. Sedikit tips untuk Anda. Gunakan dua wajan untuk menggoreng agar saat akan menggoreng untuk yang kedua kalinya, minyak tidak panas. Hal itu juga akan mempercepat prosesnya, lho.  Baca Juga : Resep Membuat Martabak Manis Lebaksiu Khas Tegal

Nah, hidangan Anda sudah jadi, bukan? Silahkan mencicipinya selagi masih renyah. Bagi jajanan ini untuk keluarga di rumah supaya mereka juga bisa mencicipi masakan Anda. Tetap memasak, ya. Dan simpan resep pilus keju khas Tegal ini untuk di lain waktu lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D