Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 03 September 2015

Resep Membuat Tahu Gejrot Khas Cirebon

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Tahu Gejrot Khas Cirebon – Tahu merupakan sahabat tempe. Di Indonesia, tahu dapat diolah menjadi makanan apa saja dan memiliki rasa yang khas. Ada tahu kecap, tahu goreng pedas, tahu petis, lontong tahu dan masih banyak lagi lainnya yang dijual di seluruh daerah di Nusantara. Sebagai teman makan nasi, rasa yang asin dan lezat itu sendiri sudah sangat nikmat. Apalagi jika dibuat bersama dengan bumbu-bumbu lainnya yang menambah keistimewaan rasa pada tahu tersebut.

Ada juga kuliner khas Cirebon yang terkenal di daerahnya. Mereka menyebutnya sebagai tahu gejrot. Tahu yang dimasak dengan kuah dan bumbu-bumbu sederhana ini mendapat tempat di hati masyarakat Cirebon. Di daerah lain seperti Jakarta juga menjual tahu gejrot ini. Bahkan negara tetangga banyak sekali yang menyukai olahan tahu kuah ini. Mungkin karena cara mengolahnya yang gampang dengan resep tahu gejrot khas Cirebon dan bahan bakunya yang mudah didapat, membuat tahu gejrot memiliki banyak peminat.

Tahu Gejrot Khas Cirebon
Tahu Gejrot Khas Cirebon 
Anda juga bisa membuatnya di rumah sebagai hidangan yang bisa dinikmati di waktu luang maupun dijadikan lauk teman makan nasi. Tentu dengan resep tahu gejrot khas Cirebon yang memiliki rasa khas dari daerah asalnya. Anda ingin mencobanya? Ikuti terus resep tahu gejrot khas Cirebon dan simak bahan serta langkah-langkahnya.

Bahan-bahan (secukupnya):

  • Tahu gembos tawar (tanpa rasa)
  • Garam
  • Cabai rawit
  • Gula merah
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Minyak goreng

Bahan Untuk Kuah:

  • Air secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Larutan asam secukupnya (bisa diganti dengan cuka)

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak goreng secukupnya dan goreng semua tahu sampai matang
  2. Tiriskan dan gunting atau iris menjadi bagian-bagian kecil sesuai selera Anda.
  3. Ulek bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan garam sampai tercampur. Takaran sesuai dengan selera Anda.

Cara Membuat Kuah:

  1. Panaskan air dan rebus gula merah, air asam atau cuka, dan kecap manis sampai tercampur dan warnanya kecoklatan

Cara penyajiannya adalah, siapkan piring saji kemudian ambil tahu dan bubuhi atau taburi bumbu yang sudah diulek kasar tadi. Lalu siram tahu gejrot dengan kuah yang sudah tercampur secukupnya. Sajian tahu gejrot dengan resep tahu gejrot khas Cirebon siap dinikmati dengan bantuan tusuk gigi atau garpu untuk menyantapnya. Anda bisa memakannya bersama nasi putih yang masih panas untuk memberikan sensasi berbeda dalam menyantap makan siang. Baca Juga : Resep Membuat Tahu Sumedang Isi Udang Goreng

Itulah resep tahu gejrot khas Cirebon yang bisa Anda coba di rumah. Karena bahan dan cara membuatnya sangat gampang, sangat bisa dibuat di dapur pribadi Anda. Semoga sukses dengan masakannya dan tetap memasak.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D