Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 11 September 2015

Resep Membuat Tahu Petis Khas Semarang

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Tahu Petis Khas Semarang – Siapa tak tahu jajanan ini? Tahu petis memang banyak dijual di penjual gorengan-gorengan yang ada di pinggir jalan. Makanan ini merupakan kuliner khas Semarang, Jawa Tengah. Walaupun di berbagai daerah, bahkan hampir di seluruh Indonesia selalu ada makanan ini, Semarang memiliki resep khasnya, yaitu saus atau petis yang dibuat dari udang. Bukan Cuma itu saja, perpaduan rasa yang tercipta dari rempah-rempahnya sangat menggugah selera. Terutama bagi Anda penikmat gorengan sejati. Tidak boleh melewatkan makanan yang satu ini, nih.

Tahu petis ini biasa dimakan bersama cabai rawit. Tentunya untuk Anda yang menyukai pedas. Bagi yang tidak doyan makan pedas, dimakan biasa saja sudah terasa enaknya. Digunakan untuk tambahan lauk juga bisa. Karena tahu memang biasanya dimakan dengan nasi bersama temannya, yaitu tempe. Anda bisa, lho membuat tahu petis di rumah. Dengan berbekal tahu pong dan bumbu untuk petis saja Anda sudah bisa mengolahnya menjadi hidangan istimewa. Pasti keluarga Anda akan senang dengan hidangan yang Anda buat sendiri tersebut. Camilan yang itu-itu saja tentu akan membuat mereka bosan. Nah, resep tahu petis khas Semarang akan menunjukkan pada Anda bagaimana membuatnya.

Tahu Petis Khas Semarang
Tahu Petis Khas Semarang 
Sebenarnya cara membuatnya cukup praktis. Bahan-bahannya juga gampang, mengingat banyak sekali orang menjual tahu di pasar. Mari ikuti resep tahu petis khas Semarang agar Anda bisa menghadirkan hidangan sederhana tersebut untuk keluarga.

Bahan:

  • 20 buah tahu pong goreng
  • Cabai rawit hijau secukupnya

Bahan Untuk Saus Petis:

  • 3 sendok teh petis udang
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 3 sendok makan tepung beras
  • 3 siung bawang putih yang dihaluskan
  • 50 gram gula merah yang disisir
  • 300 ml air
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak secukupnya dan tumis bawang putih yang sudah dihaluskan sampai aromanya tercium
  2. Setelah itu, masukkan garam dan petis. Aduk rata hingga tercampur dan beraroma
  3. Tuangkan air dan bahan-bahan lainnya, seperti kecap manis dan gula merah. Didihkan sambil diaduk-aduk supaya merata
  4. Masukkan tepung beras yang sudah disiapkan dan aduk lagi. Masak sampai menjadi kental campuran petisnya. Angkat.
  5. Siapkan tahu pong yang sudah digoreng dan dibelah pada bagian tengah atau sisinya, masukkan campuran petis tadi ke dalam belahan tahu
  6. Ambil piring saji dan tata tahu yang sudah diberi saus petis di atasnya. Jangan lupa ambil beberapa cabai rawit hijau sebagai teman makannya.
  7. Sajian siap untuk dihidangkan

Hmm, kelihatannya enak, bukan? Meskipun tahu adalah makanan yang sederhana saja, tapi bisa diolah menjadi santapan yang menggugah selera setiap orang. Jangan hanya membayangkan, teruskan memasak Anda agar cepat selesai. Demikianlah resep tahu petis khas Semarang, semoga Anda puas dengan hidangan Anda! Baca Juga : Resep Membuat Tahu Telur Khas Semarang

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D