Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 05 September 2015

Resep Membuat Tauco Khas Cianjur

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Tauco Khas Cianjur – Tauco adalah makanan yang terbuat dari kedelai dan tauco atau ragi. Makanan khas Cianjur ini memiliki rasa yang khas sekali dengan daerah asalnya. Orang Cianjur pasti sudah pernah merasakannya. Karena makanan ini banyak dijual, jadi warga Cianjur tidak perlu khawatir untuk mencarinya. Namun, kalau Anda yang jauh dari Cianjur ingin mencobanya, apa yang perlu Anda perbuat? Hanya ada dua kemungkinan. Pergi ke daerah asalnya untuk membeli tauco tersebut atau membuatnya sendiri di rumah.

Pilihan yang pertama sangat mungkin dilakukan. Tapi, relakah Anda menghabiskan uang beratus-ratus ribu hanya untuk membeli tauco di kota yang jauh dari kota Anda? Kalau sudah ada resep tauco khas Cianjur, kenapa harus repot-repot ke sana? Resep tauco khas Cianjur ini akan ada di bookmark Anda dan bisa digunakan sebagai panduan utama untuk membuat makanan favorit tersebut. Karena akan lebih murah jika membuatnya sendiri daripada pergi ke Cianjur untuk mencicipinya.

Tauco Khas Cianjur
Tauco Khas Cianjur 
Anda pasti bisa menerapkannya di rumah karena bahan dan proses pembuatannya sangatlah gampang. Tetap biarkan resep tauco khas Cianjur ini on screen di layar smartphone Anda sambil mengolah tauco menjadi hidangan istimewa.

Bahan:

  • Tauco atau ragi yang sudah dilarutkan
  • 1 kg kedelai kuning
  • 400 gram garam
  • ¼ kg gula aren
  • 50 gram tepung beras
  • 50 gram tepung ketan
  • 50 gram tempe
  • 2 liter air

Cara Membuat:

  1. Cuci sampai bersih kacang kedelainya. Kemudian rendam ke dalam air panas selama kurang lebih 5-6 menit.
  2. Setelah itu ganti air rendaman dengan air dingin lalu biarkan setengah hari atau 12 jam
  3. Kupas semua kulit kedelai dan rebus selama 2 jam.
  4. Tiriskan rebusan kedelai dan dinginkan selama 1 jam. Sisihkan.
  5. Campurkan tepung ketan dan tepung beras untuk disangrai sampai berwarna kuning
  6. Tambahkan laru tauco, aduk sampai merata
  7. Ratakan kedelai di atas tampah dan taburi campuran tepung. Fermentasikan selama 3 hari
  8. Kemudian jemur kedelai sampai kering, lalu haluskan gumpalan-gumpalannya
  9. Masukkan campuran kedelai ke dalam wadah dan tuangi garam yang sudah dilarutkan dengan air. Tutup sedikit rapat dan fermentasikan kembali selama 1 bulan atau kurang lebih 4 minggu
  10. Tambahkan gula pada kedelai yang sudah melalui proses fermentasi tersebut. Masak sampai mendidih dan tidak berbuih lagi.
  11. Setelah itu, tauco sudah bisa dikemas dalam botol untuk persediaan Anda di rumah.

Tauco ini bisa dijadikan campuran sambal, cocolan makanan dan lain sebagainya. Walaupun proses membuatnya sangat lama, Anda harus tetap sabar agar tidak sia-sia waktu yang sudah dibutuhkan. Hidangan tauco ini akan menghibur Anda dengan rasanya yang khas dan nikmat serta kaya nutrisi. Resep tauco khas Cianjur dapat Anda simpan supaya lain waktu bisa membuatnya kembali. Baca Juga : Resep Gulai Tauco Khas Minang

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D