Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 14 September 2015

Resep Membuat Telur Asin Brebes Khas Tegal

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Telur Asin Brebes Khas Tegal – Brebes, Tegal, Jawa Tengah memiliki kuliner unik, yaitu telur asin. Sebenarnya tidak Cuma di Brebes saja, akan tetapi berhubung yang paling terkenal di kota ini, jadi, ya menjadikan kekhasan tersendiri. Telur dengan bahan baku telur itik atau bebek ini dibuat dengan cara diawetkan dan diasinkan. Namanya saja telur asin, rasanya pun sudah pasti asin. Meskipun begitu, di Indonesia sendiri tetap menggemari telur yang satu ini dan kerap dijadikan sebagai lauk untuk makan. Terutama untuk menyantap soto.
Telur Asin Brebes Khas Tegal
Telur Asin Brebes Khas Tegal 
Anda sendiri sudah tentu pernah merasakannya. Rasa yang tercipta ketika dipadukan dengan nasi dan sambal sering menjadi keistimewaan tersendiri. Nah, untuk itulah bagi Anda yang sering membelinya di supermarket, bisa berhenti mulai sekarang. Kan sudah ada resep telur asin brebes khas Tegal. Jadi, Anda, para ibu tidak perlu khawatir untuk kehabisan stock. Anda sendiri, kan yang membuatnya. Cara membuatnya cukup mudah, tidak seperti yang kita bayangkan. Hanya perlu beberapa sentuhan saja, kok. Baca terus kelanjutannya, ya.

Bahan:

  • 10 butir telur bebek
  • 10 sendok makan garam
  • 1 liter air

Cara Membuat:

  1. Bersihkan telur bebek dengan sikat atau gosok sampai bersih. Kemudian simpan dalam wadah untuk memeram telur bebeknya.
  2. Tuangkan air ke dalam wadah tersebut dan taburi garam. Aduk sampai merata sampai menjadi larutan
  3. Tutup rapat wadahnya, dan simpan di tempat yang kering
  4. Jika ingin telur dengan kadar keasinan yang rendah bisa disimpan kurang lebih satu minggu, untuk keasinan sedang disimpan dua minggu dan jika ingin sampai kuning telur keluar minyaknya atau masir, simpan selama 3 minggu. Tergantung selera Anda.
  5. Kemudian rebus telur tersebut.
  6. Telur asin siap untuk dijadikan lauk.

Meskipun telur asin pada umumnya dibuat dari bahan baku telur bebek atau telur itik, Anda juga bisa membuat olahan ini dengan telur lainnya. Seperti telur ayam dan telur puyuh, patut sekali dicoba bukan. Karena sejauh ini masih belum ada telur ayam asin dan telur puyuh asin. Anda bisa berkreasi dengan resep telur asin brebes khas Tegal untuk mengolahnya. Ini adalah salah satu cara supaya Anda tidak dicurangi oleh penjual telur asin. Biasanya orang yang menjual telur asin mencurangi kita dengan cara menyuntik telur tersebut dengan bahan kimia. Tujuannya memang supaya telur lebih awet. Kadang ada juga telur asin yang sudah busuk disuntik agar bau dan rasanya bisa seperti telur asin yang baru. Andapun harus waspada dengan hal itu.

Oke, sekian resep telur asin brebes khas Tegal. Selamat menikmati telur asin Anda sebagai lauk. Atau Anda juga bisa kok membuatnya sebagai camilan. Sampai jumpa. Baca Juga : Resep Membuat Tahu Pletok Khas Tegal

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D