Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 14 Oktober 2015

Resep Membuat Grontol Jagung Khas Jogja

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Grontol Jagung Khas Jogja – Grontol jagung. Pasti namanya terdengar lucu di telinga Anda. Memang lucu, bukan? Rasanya juga lucu dan unik, lezat serta menarik. Makanan ini banyak dijumpai di pasar tradisional atau dijajakan berkeliling oleh ibu-ibu. Sekarang grontol tidak hanya dijual di desa saja, melainkan di kota besar, seperti di kota Jogja ini. Banyak wisatawan yang berasal dari luar kota penasaran dan ingin mencicipinya. Sebenarnya makanan ini sederhana, baik bentuk maupun proses pembuatannya. Meskipun begitu, rasanya bisa diterima semua kalangan.

Untuk membuat grontol tidak memerlukan teknik tersendiri. Resep grontol jagung khas Jogja pun sudah tersedia dan sangat mudah dipraktekkan. Bisa Anda coba sendiri bagaimana bahan-bahan dan bumbunya mudah ditemukan di pasar dan di toko dan juga prosesnya yang tidak membutuhkan waktu lama. Hanya saja, merendam jagungnya membutuhkan waktu semalam. Namun, hal itu kan tidak akan menjadi kesulitan yang berarti untuk Anda. Melalui resep grontol jagung khas Jogja ini, Anda akan dipandu membuatnya dengan simple, baik pemula maupun yang sudah professional bisa menerapkannya.
Grontol Jagung Khas Jogja
Grontol Jagung Khas Jogja
Simak kelanjutan resep grontol jagung khas Jogja berikut.

Bahan:

  • 200 gram jagung kering
  • 1000 ml air
  • ½ buah kelapa muda, parut
  • 1 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan
  • Gula pasir secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat grontol jagung
  2. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci jagung tersebut sampai bersih.
  3. Kemudian rendam jagung dalam air secukupnya dan diamkan sekitar 1 malam.
  4. Ambil panci presto dan masukkan air, garam beserta jagung yang sudah direndam ke dalamnya. Masak selama kurang lebih 30 menit lalu biarkan sampai tekanan dalam pancinya habis.
  5. Angkat dan tiriskan jagung
  6. Campurkan garam, daun pandan dan kelapa parut, kukus selama seperempat jam. Angkat dan sisihkan.
  7. Siapkan piring yang sudah dialasi daun pisang kemudian tata jagung yang ditaburi gula pasir dan kelapa parut.
  8. Hidangan grontol siap disajikan dan dinikmati

Grontol memang hidangan tradisional. Namun, kalau Anda bertanya rasanya jelas lebih lezat dari makanan modern apapun. Selain itu juga menyehatkan karena tidak memakai bahan pengawet atau bahan kimia. Sudah, langsung santap saja bersama keluarga. Karena grontol ini juga mengenyangkan, Anda bisa mengkonsumsinya di pagi hari sebagai pengganti nasi. Asalkan sebelumnya Anda membuat dengan resep grontol jagung khas Jogja. Baca Juga : Resep Mangut Lele Khas Jogja

Inovatif bukan? Jadi jagung tidak hanya direbus ataupun dibakar. Jagung bisa juga diolah menjadi berbagai hidangan yang menarik, termasuk dengan resep grontol jagung khas Jogja ini. Silahkan Anda mencoba membuatnya, ya! Semoga hidangan Anda berhasil dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D