Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 29 Oktober 2015

Resep Membuat Gulai Kambing, Makanan Khas Pulau Madura

Advertisement
Advertisement

Resep Gulai Kambing, Makanan Khas Pulau Madura Gulai kambing adalah salah satu kuliner yang berasal dari Pulau Madura. Kuliner ini memiliki berbagai keistimewaan, salah satunya adalah dari bumbu hingga cara pengolahannya yang tergolong menarik. Namun, memang tidak semua orang dapat menikmati kelezatan dari makanan ini karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Hal tersebut dapat mengakibatkan darah tinggi terutama untuk para manula.

Tetapi, selain itu gulai kambing ini mempunyai kandungan beberapa asupan yang dapat menyembuhkan ataupun mengobati berbagai macam penyakit, seperti kurang darah, stress, demam, dan lain – lain. Untuk mendapatkan kuliner ini kita tidak perlu repot jauh – jauh pergi ke pulau Madura. Beberapa rumah makan ataupun warung bisa menyediakan kuliner satu ini, apalagi ketika hari raya qurban datang. Namun, untuk anda yang ingin mencoba membuat sendiri kuliner khas Madura ini, disini terdapat resep bagaimana untuk membuatnya. 
Gulai Kambing, Makanan Khas Pulau Madura
Gulai Kambing, Makanan Khas Pulau Madura
Bahan – bahan untuk membuat kuliner ini diantaranya :

  • daging yang terbaik dan aman untuk dikonsumsi ( dipotong sesuai dengan selera)
  • parutan kelapa yang sudah diperas dan diambil santannya yang berwarna putih secukupnya
  • bawang merah yang sudah diiris dan digoreng
  • rempah atau kayu manis, batang serai ( sudah ditumbuk)
  • sebuah cengkeh dan lengkuas ( digepengkan untuk bumbu pelengkap)
  • daun jeruk
  • daun salam
  • cabai
  • bawang putih
  • bumbu –bumbu rempah seperti jahe, kunyit, ketumbar, jinten, hingga asam.

Cara untuk membuat kuliner ini cukup mudah hal pertama yang harus dilakukan adalah:

  1. menyiapkan tempat penggorengan
  2. berikan minyak goreng secukupnya, lalu masukan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam wajan dengan bumbu rempah – rempah pilihan yang sudah dimemarkan
  3. tunggulah sampai matang hingga aroma harum masakan keluar.
  4. Selanjutnya, masukkan daging kambing yang telah disiapkan hingga benar – benar matang dan teksturnya kenyal. Aduklah secara merata agar bumbunya bisa meresap ke dalam daging.
  5. Langkah selanjutnya adalah rebuslah santan di bagian kompor lain agar waktu yang dihabiskan tidak terlalu banyak. Rebus di tempat lain juga bisa membuat masakan lebih cepat matang. Lalu, campurkanlah daging kambing yang sudah selesai di awal.
  6. Langkah terakhir adalah mengangkat daging kambing tersebut dari wajan, lalu hidangkan di piring ataupun mangkok yang sudah disiapkan. Gulai telah siap untuk dihidangkan.

Gulai kambing lebih cocok lagi jika dipadukan dengan sate maupun masakan lainnya. Makanan ini juga lebih enak dan lezat jika dikonsumsi ketika masih hangat. Secara keseluruhan pembuatan kuliner ini tidak menghabiskan banyak waktu, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk persiapan dan 40 menit untuk memasak. Jadi, membutuhkan waktu memasak hanya 60 menit atau sekitar 1 jam saja.

Baca Juga : Resep Membuat Manisan Dorong Khas Kalimantan Barat
Itu dia resep bagaimana untuk membuat gulai kambing. Semoga bermanfaat untuk anda yang ingin mencoba membuat sendiri kuliner ini dirumah. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D