Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 28 Oktober 2015

Resep Membuat Ketan Cemeng Khas Banyuwangi

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Ketan Cemeng Khas Banyuwangi – Ketan cemeng atau ketan hitam merupakan makanan khas Banyuwangi yang sering dijadikan menu makan pagi atau sarapan. Makanan ini selain enak memang mengenyangkan. Terbukti banyak warga banyuwangi yang menggemarinya dan membeli makanan ini setiap mereka pergi ke pasar. Dengan harga kurang lebih Rp1.000,- mereka sudah bisa membawa pulang ketan cemeng ini.

Namun, bagi Anda yang ingin mencoba berkreasi membuat hidangan ini, silahkan membaca resep ketan cemeng khas Banyuwangi. Kalau Anda bisa membuatnya, pasti keluarga Anda akan bangga. Coba saja hidangkan di meja makan, pasti akan dikerubungi saudara dan anggota keluarga Anda yang lain.
Ketan Cemeng Khas Banyuwangi
Ketan Cemeng Khas Banyuwangi
Bahan:

  • 1 ½ ons gula merah
  • ½ ong gula pasir
  • ½ kg ketan hitam
  • ½ kg ketan putih
  • 1 buah kelapa sedang
  • 1 gelas air putih
  • 2 lembar daun pandan
  • Selembar daun pisang
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Sebelum membuat ketan cemeng ini, Anda harus mempersiapkan alat-alat seperti panci kukusan, parutan kelapa, saringan, pisau, centong nasi, sendok, dan kompor. Setelah itu, siapkan pula bahan-bahannya
  2. Kalau sudah, campur ketan putih dan ketan hitam menjadi satu dan cuci sampai bersih.
  3. Kemudian rendam campuran ketan tersebut selama kurang lebih satu malam atau sekitar 24 jam.
  4. Setelah direndam, angkat dan kukus setengah matang. Lalu angkat kembali dan aduk sampai rata
  5. Tuangkan air panas secukupnya, santan kental dan garam. Aduk sampai rata dan kukus kembali hingga matang kurang lebih 30 menit. Setelah itu angkat dan dinginkan beberapa saat
  6. Buat icir-icir gula dengan menyisir gula merah sampai halus. Lalu mencampurkannya bersama dengan gula pasir, garam serta air satu gelas.
  7. Selanjutnya rebus campuran tersebut sampai kental dan masukkan juga daun pandan. Didihkan sampai mengental
  8. Lalu buat parutan kelapa dengan memcucinya dan mengambil ¼ bagiannya. Kemudian Anda bisa memarutnya saja.
  9. Sajikan ketan cemeng dengan menyiapkan piring yang sudah dilapisi daun pisang sebelumnya. Lalu ambil ketan cemeng secukupnya, ratakan dan taburi dengan parutan kelapa
  10. Selanjutnya siram dengan icir-icir gula merah sampai merata
  11. Ketan cemeng siap dinikmati

Sudah puas dengan hidangan Anda? Resep ketan cemeng khas Banyuwangi yang Anda buat tadi menghasilkan 10 porsi, lho. Cukup banyak, bukan untuk dibagi-bagikan? Nah, kalau Anda memang suka dengan hidangan tersebut, bagikan resepnya kepada kerabat dan teman-teman agar mereka bisa menyajikannya seperti yang Anda lakukan.

Baca Juga : Resep Membuat Peyek Bayam Khas Jogja
Untuk Anda yang sedang menikmati hidangan dengan resep ketan cemeng khas Banyuwangi ini, selamat menyantapnya dengan gembira. Terus memasak dan berkreasi. Sampai jumpa di resep berikutnya dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D