Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 23 Oktober 2015

Resep Membuat Kue Bingka Kentang Kalimantan Barat

Advertisement
Advertisement

Resep Kue Bingka Kentang Kalimantan Barat - Bingka kentang merupakan salah satu kue khas yang dimiliki Banjar yang biasanya dapat anda temui di Kalimantan Timur maupun Kalimantan Selatan. Keunikan yang ada pada bingka kentang ini, terlihat dari bahannya dan juga cara untuk memasaknya. Bukan hanya tepung terigu saja yang bisa anda gunakan untuk dapat membuat kue ini, namun kue ini juga dapat dibuat dengan menggunakan kentang. Anda bisa memasaknya diatas bara api kompor maupun bara api arang. Untuk anda yang belum sempat mencicipi bingka kentang langsung dari daerah asalnya, anda bisa membuatnya sendiri bila anda merasa penasaran. Kue yang memiliki rasa manis dan juga legit dengan tekstur yang lembut seperti halnya bolu kemojo. Kue ini banyak tersedia dipasaran dengan harga yang cukup terjangkau untuk anda. Rasanya pun juga enak. Kue ini sangatlah cocok bila anda nikmati dengan kopi hangat disaat pagi hari atau bisa juga dinikmati secara cuma-cuma.
Kue Bingka Kentang Kalimantan Barat
Kue Bingka Kentang Kalimantan Barat
Berikut di bawah ini beberapa bahan yang harus anda persiapkan beserta dengan cara pembuatannya. Diantaranya yaitu:

  • 2 butir telur ayam.
  • 1/4kg kentang.
  • Kelapa parut 1/2kg.
  • 7 sendok makan tepung terigu.
  • Gula pasirnya setengah ons saja.
  • 3 sendok makan susu kental manis.
  • Garam secukupnya.
  • Vanilla secukupnya.

Sedangkan cara untuk dapat membuat kue bingka ini dengan beberapa langkah yaitu:

  1. Yang pertama, peraslah kelapa parut dengan satu gelas air agar anda bisa memperoleh santan. Lalu rebuslah santan hingga matang sehingga menjadi ¾ gelas.
  2. Rebuslah kentang hingga menjadi masak dan juga empuk. Kemudian anda bisa menghaluskannya.
  3. Aduklah menjadi satu antara telur, gula, vanilla dan juga garam.
  4. Campurlah kentang dan juga tepung dengan adonan telur,susu, gula ,garam dan juga vanilla. Aduklah hingga menyatu. Kemudian masukkanlah adonan kedalam cetakan yang telah diolesi dengan sedikit mentega ataupun minyak agar tidak lengket.
  5. Bakarlah dengan api yang sedang hingga matang dan kecoklatan. Bingka sudah siap untuk anda hidangkan.

Bagi para pelancong yang mampir kekota ini, jangan sampai melewatkan untuk membawa oleh-oleh kue bingka kentang khas Banjarmasin ini. Selain bisa dijadikan sebagai oleh-oleh, kue ini juga bisa anda sajikan sebagai suguhan di meja tamu keluarga. Seiring dengan perkembangannya kini kue bingka ada beberapa jenis macamnya yaitu: bingka hijau, bingka tapai, bingka labu dan lainnya. Yang kesemuanya juga memiliki rasa yang khas dan juga variasi. Baca Juga : Resep Membuat Selat Khas Jogja

Kue bingka ini memang menebarkan aroma yang sangat wangi dan bisa membangkitkan hasrat untuk dapat mencicipinya. Sebenarnya bukan hanya kentang saja yang bisa anda gunakan untuk membuat bingka, namun nangka dan tape juga dapat anda gunakan. Untuk cita rasanya pun juga tak kalah dengan yang terbuat dari kentang. Dan biasanya bingka kentang ini memang banyak diminati dibandingkan dengan bingka lainnya. Bagi anda yang belum mencobanya, tidak ada salahnya untuk anda membuat sendiri dan mencicipinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D