Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 29 Oktober 2015

Resep Membuat Kue Klepon, Jajanan Manis Penggugah Selera

Advertisement
Advertisement

Resep Kue Klepon, Jajanan Manis Penggugah Selera - Siapa yang tidak kenal dengan kue klepon? Jajanan manis satu ini mungkin sudah enjadi salah satu jajanan favorit masyarakat Indonesia. Makanan yang termasuk dalam golongan kue basah ini sering terlihat sebagai salah satu jajanan pasar (contohnya seperti kue bugis, lumpur, onde onde) dan ciri khas dari jajanan ini adalah bentuknya yang bulat. Bahan dasar untuk membuat kue ini adalah tepung beras ketan, dibentuk bola – bola kecil dan isinya adalah gula merah.

Kue klepon biasanya ditaruh atau diletakan pada wadah yang terbuat dari daun pisang. Di daerah Sumatera dan Malaysia kue ini disebut dengan nama “onde – onde”, sedangkan di Jawa makanan onde – onde sudah mempunyai arti lain. Kue klepon juga mempunyai sebutan lain yaitu getuk dan cenil (bisa juga cetil). Kue ini biasa dikonsumsi di pagi atau sore hari.
Kue Klepon, Jajanan Manis Penggugah Selera
Kue Klepon, Jajanan Manis Penggugah Selera 
Memang tidak sulit untuk menemukan jenis kue ini, karena masih banyak yang menjajakannya di pasar – pasar. Namun, untuk anda yang ingin membuat sendiri kue manis ini pastinya akan lebih baik karena juga akan menghemat pengeluaran. Berikut adalah bahan – bahan dan cara bagaimana untuk membuat kue tersebut. 

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat kue klepon ini adalah sebagai berikut :

  • 30 ml air
  • 1 endok teh air kapur sirih
  • 325 gram tepung ketan
  • 25 gram tepung kanji
  • 300 ml air hangat, setengah sendok teh garam
  • 20 lembar daun suji
  • 3 – 4 lembar daun pandan
  • 100 gram gula merah (diiris kecil)
  • air (untuk merebus)
  • 4 lembar daun pandan (potong – potong)

Sedangkan bahan untuk pelapis kue diantaranya :

  • setengah sendok teh garam
  • setengah butir kelapa yang setengah tua (buang kulit air dan parut memanjang)
  • 1 – 2 lembar daun pandan (dipotong – potong). Untuk bahan pelapis ini aduklah jadi satu, lalu kukus kurang lebih sekitar 10 menit.

Sedangkan cara – cara untuk membuat kue tersebut :

  1. Irislah daun suji dan juga daun pandan, lalu blender kedua daun tersebut dengan air. Setelah campuran daun halus, peras dan saringlah. Jangan lupa buang ampasnya, masukkan air kapur sirih, aduk dan sisihkan.
  2. Selanjutnya, taruhlah tepung ketan dan tepung kanji dalam sebuah mangkuk atau wadah, lalu tuangkan air hangat bercampur garam, aduk dan uleni selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu masukkan air daun suji – pandan lalu aduk hingga rata.
  3. Langkah selanjutnya, ambilah 1 sendok teh adonan tepung lalu pipihkan. Kemudian, taruh setengah sendok teh gula merah di tengah adonan, rekatkan atau tutup kembali dan bentuklah dengan bentuk bulat. Anda bisa melakukannya berulang – ulang hingga semua bahan adonan habis.
  4. Selanjutnya, masakah air dengan daun pandan dalam panci yang tertutup. Setelah mendidih, kecilkan api kompor, lalu rebus air hingga muncul aroma harum. Keluarkan daun pandan dari panci, kemudian masukkan adonan berbentuk bulat tadi ke dalam rebusan air pandan. Masak hingga terapung, kurang lebih menghabiskan waktu 5 menit, atau hingga matang, kemudian angkat dan tiriskan.
  5. Langkah terakhir yaitu gulingkan bulatan yang sudah matang ke dalam kelapa parut kukus hingga bulatan terselimuti dengan kelapa dan tidak melekat satu sama lainnya. Kue sudah siap untuk dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Cah Kangkung Belacan
Itu dia resep bagaimana untuk membuat kue klepon, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin membuat sendiri jajanan ini di rumah. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D