Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 31 Oktober 2015

Resep Membuat Lemet Singkong Khas Banyuwangi

Advertisement
Advertisement

Resep Lemet Singkong Khas Banyuwangi – Kalau Anda melihat bentuk penyajian dari makanan ini, Anda pasti akan mengira dalamnya adalah nagasari. Akan tetapi, Anda salah besar. Memang luarnya saja seperti nagasari, tapi dalamnya adalah lemet. Lemet merupakan makanan tradisional yang menggunakan bahan dasar singkong parut dengan isian unti. Makanan tersebut disajikan dengan cara dibungkus daun pisang, sama dengan nagasari. Lemet sendiri berasal dari Banyuwangi dan dapat dengan mudah Anda temukan di para penjual kue yang menjajakan makanannya di pinggir jalan.

Kebetulah kali ini sudah ada resep lemet singkong khas Banyuwangi. Resep ini akan memberikan pada Anda cara-cara membuat lemet singkong dengan mudah dan memiliki rasa yang pas. Tanpa mengurangi kekhasan rasa dari daerah aslinya, Anda pun bisa menyantapnya dengan penuh kenikmatan. Coba saja baca resep lemet singkong khas Banyuwangi dan temukan ke sederhanaannya. Penasaran? Ikuti terus kelanjutan resep ini. Jangan malas membaca, ya!
Lemet Singkong Khas Banyuwangi
Lemet Singkong Khas Banyuwangi
Bahan Untuk Kulit:

  • 1 kg singkong parut
  • ½ sendok teh vanili bubuk
  • 1 ½ sendok teh garam
  • Daun pisang secukupnya

Bahan Unti:

  • ¼ sendok teh garam
  • 3 lembar daun pandan
  • 100 ml air
  • 150 gram gula merah, sisir halus
  • 200 gram kelapa, diparut kasar

Cara Membuat:

  1. Persiapkan semua bahannya dengan lengkap lalu lakukan langkah pertama dengan membuat unti
  2. Campur bahan-bahan unti yang sudah disebutkan di atas dan masak serta aduk hingga kalis. Sisihkan sebentar
  3. Kemudian buat kulitnya dengan mengaduk rata semua bahan
  4. Lalu siapkan daun pisang. Taruh adonan kulit di atasnya dengan cara menipiskannya dulu dan isi dengan unti tadi. Berikutnya tutup menggunakan kulit lagi
  5. Setelah itu, bungkus dengan daun pisang dan semat menggunakan lidi. Lakukan langkah tersebut sampai adonan lemet singkong habis.
  6. Kalau sudah, baru kukus selama kurang lebih 40 menit hingga matang.
  7. Angkat dan sajikan di piring saji serta segera dinikmati

Resep lemet singkong khas Banyuwangi di atas akan menghasilkan 16 bungkus lemet dengan rasa dan aroma yang khas. Anda bisa menyantapnya untuk mengganti sarapan pagi. Bisa juga dikonsumsi ketika pagi menjelang siang, atau sekitar pukul 10.00 sampai dengan 12.00. Yang terpenting adalah menyantapnya ketika baru selesai dimasak. Agar hangat dan tekstur aslinya lebih terasa. Kalau sudah begitu, Anda tidak akan bisa berhenti menyantapnya. Pasti akan menambah terus. Siap-siap saja, jangan kaget dengan kenikmatannya. Baca Juga : Resep Membuat Kue Jemblem Khas Banyuwangi

Nah, demikianlah resep lemet singkong khas Banyuwangi. Semoga panduan ini bermanfaat untuk Anda. Selamat berkreasi dan salam koki. Terus berlatih memasak dan hadirkan santapan istimewa khas Nusantara.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D