Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 17 Oktober 2015

Resep Membuat Peyek Jingking Khas Jogja

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Peyek Jingking Khas Jogja – Satu lagi olahan peyek khas Jogja, yaitu peyek jingking. Mendengar namanya saja, Anda pasti sudah agak asing dan mungkin juga Anda berfikir bahwa peyek ini merupakan hidangan yang unik. Benar sekali! Jingking adalah kepiting pantai atau bayi kepiting yang berukuran sebesar kacang hijau. Kecil sekali, bukan? Di salah satu pantai yang ada di Jogja, yaitu Pantai Baron, jingking ini bisa Anda temukan. Anda juga bisa membelinya di pasar tradisional dan kemudian mengolahnya menjadi makanan favorit Anda.

Namun, kali ini yang akan kita bahas adalah resep peyek jingking khas Jogja dengan rasa yang khas. Bagaimana tidak, peyek ini sangat cocok digunakan sebagai pengganti kerupuk, yakni teman makan nasi dikala Anda membutuhkannya. Jingking sendiri juga memiliki kandungan zat yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti asam lemak omage, mineral, dan vitamin yang bisa untuk mempercepat penyembuhan luka, mencegah penyakit jantung dan osteoporosis serta perkembangan janin. Nah, Anda pasti tidak ragu untuk mengolahnya dengan resep peyek jingking khas Jogja, bukan?
Peyek Jingking Khas Jogja
Peyek Jingking Khas Jogja
Cara membuatnya cukup mudah. Anda hanya harus membaca dengan teliti dan memahami semua yang ada dalam resep peyek jingking khas Jogja.

Bahan:

  • Jingking segar secukupnya
  • Air secukupnya
  • Kuning telur secukupnya
  • Tepung beras secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu:

  • Kemiri secukupnya
  • Ketumbar secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1 siung bawang merah, dihaluskan
  • 1 siung bawang putih, dihaluskan

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat peyek jingking ini.
  2. Kemudian, untuk pertama-tama Anda campurkan tepung beras, bumbu dan air ke dalam baskom. Aduk perlahan sampai rata
  3. Masukkan jingking yang sudah dicuci dan dibersihkan di atas campuran tersebut.
  4. Lalu panaskan minyak kemudian goreng peyek sampai berubah warna dan kering
  5. Angkat dan tiriskan
  6. Taruh di wadah lebar seperti tampah sebelum memasukkannya di toples
  7. Peyek jingking siap untuk dinikmati

Itu tadi resep peyek jingking khas Jogja. Semoga Anda puas dengan panduan yang telah kami berikan. Sedikit tips untuk Anda, lebih baik menggoreng jingking menggunakan tungku dan arang supaya rasa peyek jingkingnya cepat matang dan gurih. Setelah itu, bisa dinikmati sebagai teman makan nasi ataupun camilan di waktu luang. Nah, Anda jadi tidak kekurangan lauk maupun camilan lagi, deh.
Baca Juga : Resep Mangut Lele Khas Jogja

Bagi Anda yang masih mengolahnya dengan resep peyek jingking khas Jogja, semoga hidangan Anda berhasil dengan sempurna dan jangan lupa membagi ilmu yang telah didapatkan beserta resep peyek jingking khas Jogja kepada teman-teman dan tetangga Anda. Simpan juga untuk Anda sendiri agar di lain waktu bisa mengolahnya di rumah lagi. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D