Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 25 Oktober 2015

Resep Membuat Sambal Petis Khas Sidoarjo

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Sambal Petis Khas Sidoarjo – Sudah pernah mencoba petis udang? Kalau Anda pernah mencobanya, pasti tahu darimana asal olahan yang sering dijadikan teman makan tahu dan juga bahan rujak tersebut. Ya, Sidoarjo adalah kota penghasil petis udang yang sangat lezat. Selain diolah menjadi bahan berbagai rujak, petis juga bisa dijadikan sambal. Penasaran bagaimana rasanya? Anda bisa mencobanya di Sidoarjo untuk mengobati rasa penasaran tersebut.

Akan tetapi, kalau masalah Anda terletak pada kota Sidoarjo yang jauh dari tempat tinggal Anda, maka jalan satu-satunya adalah membuatnya di rumah dengan resep sambal petis khas Sidoarjo ini. Cukup mudah, kok. Apalagi melihat hasilnya yang sangat nikmat dan bisa menjadi teman menyantap ikan bandeng serta gorengan lainnya. Sudah bisa dipastikan Anda akan ketagihan karena rasanya berbeda dengan petis pada umumnya.
Sambal Petis Khas Sidoarjo
Sambal Petis Khas Sidoarjo
Cara membuatnya sangat gampang dan sederhana. Dengan cara seperti itu untuk menghidangkannya menggunakan resep sambal petis khas Sidoarjo, Anda akan bisa menjadikannya kreasi sambal terbaru yang bakal membuat teman dan tetangga iri. Sajikan dengan tingkat kepedasan yang cukup, karena dikhawatirkan anak Anda juga ikut mencicipinya. Silahkan membaca kelanjutannya.

Bahan:

  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan petis udang
  • 2 buah bawang putih, diiris tipis
  • 2 buah cabai merah besar
  • 4 buah bawang merah, diiris tipis
  • 5 buah cabai rawit

Pelengkap:

  • Tahu goreng secukupnya
  • Tempe goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat sambak petis Sidoarjo seperti yang sudah disebutkan di atas
  2. Lalu panaskan minyak untuk menumis bawang putih dan bawang merah sampai harum serta matang
  3. Berikutnya haluskan cabai rawit dan cabai merah besar. Tambahkan gula merah, garam dan juga petis udang. Aduk sampai merata, lalu tambahkan kecap manis.
  4. Tuangkan air secukupnya sesuai dengan tekstur yang Anda inginkan
  5. Sajikan sambal petis dalam sebuah wadah bersama dengan pelengkapnya.
  6. Nikmati sajian sederhana tersebut selagi masih sedap-sedapnya

Sambal petis yang nikmat ini juga cocok dijadikan teman makan ayam, bebek dan ikan goreng. Coba saja untuk menjadi alternatif sambal Anda. Kalau yang biasanya hanya bisa membuat sambal bawang, sambal terasi maupun sambal tomat, sekarang Anda bisa membuat sambal ini dengan resep sambal petis khas Sidoarjo yang sangat simple. Selain gampang juga tidak akan membuang waktu Anda pastinya.
Baca Juga : Resep Membuat Masakan Ayam Masak Kecap

Itulah akhir dari resep sambal petis khas Sidoarjo, jangan pernah lelah untuk berlatih dan menghidangkan sajian istimewa untuk keluarga. Selamat memasak dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D