Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 16 Oktober 2015

Resep Membuat Sate Manis Khas Jogja

Advertisement
Advertisement

Resep Sate Manis Khas Jogja – Namanya saja sate manis, sudah pasti rasanya manis. Memang benar sekali, sate ini memiliki rasa yang manis. Hal tersebut berkaitan erat dengan kuliner khas Jawa Tengah yang memang menurut banyak orang kurang pedas. Sate ini sendiri disediakan khusus untuk orang yang tidak menyukai hidangan pedas. Meskipun begitu, bagi Anda yang ingin pedas, bisa menambahkan sambal untuk menyantap makanan ini.

Mungkin di kota atau daerah Anda tidak menjual sate manis yang berbahan dasar daging sapi ini. Akan tetapi, jangan khawatir, karena Anda bisa membuatnya sendiri dengan resep sate manis khas Jogja. Dijamin makanan yang Anda buat tidak akan mengecewakan dengan resep dan panduan ini. Silahkan membacanya terlebih dahulu supaya bisa memahami bahan-bahan dan bumbu serta proses pembuatannya.
Sate Manis Khas Jogja
Sate Manis Khas Jogja
Tidak sulit, kok menerapkan resep sate manis khas Jogja ini asalkan Anda sudah memiliki gambaran tentang segala hal yang diperlukan untuk membuatnya.

Bahan:

  • ¾ kg daging sapi has luar, dipotong sesuai selera
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 4 lembar daun pepaya, remas-remas
  • 6 sendok makan kecap manis
  • Tusuk sate secukupnya

Bumbu Halus:

  • ½ sendok teh jintan
  • 1 ½ sendok makan garam
  • 2 sendok teh ketumbar, disangrai
  • 3 sendok makan gula merah, disisir atau diiris
  • 6 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih daging sapi setelah dipotongi. Kemudian bungkus menggunakan daun pepaya dan diamkan selama setengah jam.
  2. Langkah berikutnya adalah mencampurkan bumbu halus dengan minyak goreng serta kecap manis. Aduk sampai merata dan tercampur semua
  3. Ambil daging yang sudah dibungkus dengan daun pepaya tadi dan campur bersama racikan bumbu. Diamkan selama kurang lebih 45-60 menit supaya bumbunya meresap sempurna
  4. Setelah itu, siapkan tusukan untuk menusuk potongan daging sapi dengan jumlah sesuai selera. Lakukan hal tersebut sampai potongan daging sapi habis.
  5. Selanjutnya bakar sate sampai matang sembari diolesi bumbu yang masih tersisa dan dibolak-balik agar matang merata.
  6. Angkat dan sajikan di piring saji
  7. Hidangan sate manis siap untuk dinikmati.

Sate manis memang cocok digunakan untuk lauk makan siang atau makan malam. Bisa dimakan bersama nasi yang masih hangat atau juga lontong dengan sayur tertentu. Jika Anda ingin menghidangkan dengan sensasi rasa pedas, silahkan tambah sambal kacang pada resep sate manis khas Jogja. Pasti akan menambah selera makan Anda.
Baca Juga : Resep Membuat Onde-onde Khas Jogja

Silahkan mencoba memasak sate manis dengan resep sate manis khas Jogja. Semoga sukses dengan masakan Anda dan salam koki! Selamat berlatih!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D