Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 27 November 2015

Resep Membuat Apam Beras Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Apam Beras Khas Kalimantan Selatan – Apam beras merupakan makanan khas Indonesia yang ada di beberapa daerah, salah satunya adalah Kalimantan Selatan. Nasi, gula pasir, tepung beras dan tepung gandum merupakan bahan utama pembuatan apam beras ini. Kalau soal rasa, jangan ditanya lagi. Karena apam beras dari Kalimantan Selatan ini memang memiliki rasa yang khas, yaitu gurih dan nikmat. Anda bisa mencobanya sendiri ketika berkunjung ke Banjarmasin.

Hal itulah yang membuat makanan dengan resep apam beras khas Kalimantan Selatan ini banyak digemari oleh penduduk sekitar. Bahkan sudah menjadi jajanan khas daerah sejak dulu kala. Jadi, tidak heran jika Anda menemukan makanan ini di berbagai acara yang digelar oleh rakyat sekitar. Sampai saat ini, mereka juga tetap mempertahankan resep yang sudah melegenda tersebut.
Apam Beras Khas Kalimantan Selatan
Apam Beras Khas Kalimantan Selatan
Namun, bila Anda sudah penasaran apa yang membuatnya berbeda dari apam beras pada umumnya, silahkan membaca resep apam beras khas Kalimantan Selatan di bawah ini. Kalau sudah, baru siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan mulai mengolahnya dengan cermat. Jangan khawatir, karena membuatnya dengan resep tersebut tidak akan membuat Anda kebingungan.

Bahan:

  • Nasi secukupnya
  • Air putih secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Tepung gandum secukupnya
  • Tepung beras secukupnya
  • 1 sendok teh mauripan
  • Pewarna makanan secukupnya
  • Parutan kelapa secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama setelah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan adalah mencampur nasi bersama gula dan air secukupnya dalam blender. Haluskan sampai benar-benar lembut dan gulanya larut. Matikan blender
  2. Dalam wadah lain, campurkan tepung gandum bersama tepung beras dan mauripan. Aduk-aduk perlahan
  3. Masukkan bahan yang sudah dihaluskan menggunakan blender sebelumnya ke dalam adonan kering tersebut.
  4. Tambahkan pewarna makanan dan aduk-aduk sampai rata
  5. Diamkan agar adonan apam mengembang selama 3 jam. Tandanya sudah mengembang adalah ketika ada busa-busa kecil di atasnya.
  6. Langkah berikutnya adalah memanaskan loyang atau panci yang sudah diolesi minyak goreng tipis-tipis
  7. Setelah itu, masukkan adonan apam beras yang telah mengembang tadi di dalamnya lalu kukus selama kurang lebih 40 menit jika menggunakan loyang.
  8. Angkat lalu sajikan di piring saji sambil ditaburi kelapa parut.
  9. Apam beras khas Kalimantan Selatan siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Sepat Ayam Khas NTB
Selesai sudah resep apam beras khas Kalimantan Selatan. Semoga Anda bisa menghasilkan makanan khas ini dengan berhasil, karena resepnya pun memberikan kemudahan bagi Anda. Jika Anda sudah bisa membuanya, bagikan resep apam beras khas Kalimantan Selatan tersebut kepada teman-teman, agar mereka juga bisa menyajikan hidangan lezat ini untuk keluarga di rumah. Selamat menyantap hidangan Anda dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D