Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 08 November 2015

Resep Membuat Intip Goreng Khas Solo

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Intip Goreng Khas Solo – Intip merupakan makanan atau oleh-oleh khas Solo. Intip sendiri berarti kerak nasi kalau dalam Bahasa Jawa. Di kota asalnya, makanan ini menjadi kuliner khas serta banyak diburu wisatawan. Intip sendiri berbentuk bulat besar dan sangat khas. Dan yang membuat ciri khas dari intip ini melekat adalah adanya saus kinca atau gula merah cair di atasnya. Ada juga intip asin yang menggunakan taburan garam di atasnya. Keduanya memiliki kenikmatan masing-masing, tergantung selera Anda.

Sebenarnya Anda bisa membuatnya dengan resep intip goreng khas Solo. Memang proses pembuatannya cukup lama dan rumit karena Anda harus menggunakan kerak nasi yang melekat pada panci. Kerak nasi tersebut dapat Anda hasilkan dari proses menanak nasi secara tradisional menggunakan panci tebal dari alumunium. Untuk menggorengnya juga cukup rumit, karena Anda harus merendam dalam minyak hingga rata. Jika tidak, intip buatan Anda akan gosong di bagian pinggirnya dan belum matang di bagian tengahnya.
Intip Goreng Khas Solo
Intip Goreng Khas Solo

Namun, di jaman sekarang Anda bisa membuatnya dengan resep intip goreng khas Solo dengan ‘intip buatan’. Apa itu intip buatan? Kalau Anda penasaran, silahkan membaca kelanjutan resepnya.

Bahan:

  • Beras secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Saus Kinca:

  • 1 sendok makan gula pasir
  • Air secukupnya
  • Daun pandan secukupnya
  • 1 ons gula merah

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama Anda siapkan beras yang sudah dicuci sampai bersih untuk ditanak. Tanak sampai setengah matang lalu tambahkan garam
  2. Padatkan nasi tersebut sampai ke pinggiran periuk. Jika sudah dipadatkan, masak kembali menggunakan api sedang selama kurang lebih 20 menit.
  3. Kalau sudah membentuk kerak, angkat. Keruk bagian dalam, bagian nasi yang masih lembek.
  4. Kemudian jemur kerak yang sudah dibersihkan di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering
  5. Selanjutnya kalau sudah kering, angkat dan goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya. Goreng hingga berwarna kecoklatan seperti intip pada umumnya.
  6. Angkat dan tiriskan lalu lakukan langkah berikutnya, yakni membuat saus kinca
  7. Untuk membuat saus kinca, Anda harus mencampur semua bahannya dan memasak bahan-bahan tersebut sampai tercampur rata
  8. Tuangan secara berkeliling menggunakan sendok supaya membentuk lingkaran di bagian tengah maupun bagian luar intip
  9. Biarkan beberapa saat sampai saus kinca kering lalu sajikan dan siap untuk dinikmati

Intip buatan ini memiliki cara yang sama dengan proses tradisionalnya. Hanya mengeringkan kerak nasi lalu menggorengnya. Cukup mudah, bukan bagi Anda yang memang sudah memahami cara membuatnya dengan resep intip goreng khas Solo? Jika waktu yang cukup lama tadi lumayan mengganggu, silahkan mencicipi hidangan bikinan Anda dan rasakan bahwa pengorbanan Anda tidak sia-sia. Baca Juga : Resep Membuat Nasi Bubuh Bali

Selesai sudah resep intip goreng khas Solo. Semoga berhasil dengan hidangan Anda dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D