Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 03 November 2015

Resep Membuat Keripik Tempe Khas Banyuwangi

Advertisement
Advertisement

Resep Keripik Tempe Khas Banyuwangi – Selain digoreng, tempe juga bisa dijadikan keripik. Bahkan, makanan ini sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Tempe keripik atau keripik tempe merupakan makanan khas Banyuwangi yang sudah terkenal hampir di seluruh Pulau Jawa. Makanan ini memiliki rasa yang unik, di samping kerenyahannya yang mengundang setiap orang untuk mencicipinya.

Makanan yang bisa Anda jadikan sebagai lauk ini sekarang sudah bisa dibuat di rumah dengan resep keripik tempe khas Banyuwangi. Tenang saja, sebab bahan-bahan yang diperlukan tidak terlalu sudah untuk didapatkan. Lagipula cara membuatnya pun sangat simple dan mudah untuk dilakukan. Silahkan menyimak ulasan berikut ini untuk lebih lanjutnya!
Keripik Tempe Khas Banyuwangi
Keripik Tempe Khas Banyuwangi
Bahan:

  • Tempe dengan kualitas baik secukupnya
  • 3 ons tepung beras
  • 1 ½ ons tepung tapioka
  • ½ liter air
  • 1 butir telur ayam
  • 2 liter minyak goreng

Bumbu Halus:

  • ¼ sendok teh kunyit bubuk
  • ½ ons bawang putih
  • ½ ons kemiri
  • 8 gram garam
  • 8 lembar daun jeruk
  • 10 gram ketumbar

Cara Membuat:

  1. Setelah menyiapkan semua bahan, seperti tempe dan juga kawan-kawannya Anda bisa langsung beralih ke langkah selanjutnya yaitu memotong atau mengiris tipis tempe tersebut.
  2. Dalam proses pengirisan, usahakan jangan terlalu tebal. Anda bisa berpatokan pada keripik tempe yang pernah Anda cicipi.
  3. Sisihkan sebentar tempe tersebut untuk membuat adonan pelapisnya dengan mencampur tepung beras bersama tepung tapioka, telur ayam serta bumbu halus. Aduk sampai rata dan tidak ada gumpalan-gumpalan yang tersisa
  4. Panaskan minyak secukupnya dan tinggalkan sebentar
  5. Selanjutnya, masukkan atau celupkan tempe yang sudah diirisi tipis tadi ke dalam adonan pelapis satu persatu
  6. Goreng tempe tersebut ke dalam minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya. Goreng sampai berubah warna menjadi kuning kecoklatan
  7. Angkat dan tiriskan tempe lalu lakukan langkah sebelumnya sampai adonan keripik tempe habis
  8. Sajikan keripik tempe dalam toples agar terjaga kerenyahannya lalu nikmati bersama keluarga

Ya, keripik tempe memang sangat cocok dinikmati bersama keluarga. Apalagi kalau disajikan sebagai lauk teman makan nasi. Hanya dengan dimasak menggunakan resep keripik tempe khas Banyuwangi, Anda sudah bisa menyajikannya sebagai makanan istimewa. Yang terpenting disini adalah, jangan terlalu tebal dalam mengiris tempenya. 
Usahakan menggunakan ketebalan 0,5 – 1 mm, supaya cepat matang saat digoreng

Baca Juga : Resep Membuat Nasi Jenggo Yang Pedas Nikmat
Nah, itu tadi merupakan resep keripik tempe khas Banyuwangi yang bisa Anda jadikan sebagai panduan membuat lauk yang renyahnya minta ampun. Tinggal membuat makanan utamanya, nih. Makanya, jangan lewatkan resep-resep lainnya di sini. Selamat berkreasi dan salam koki untuk Anda!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D