Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 28 November 2015

Resep Membuat Kokoleh Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Kokoleh Khas Kalimantan Selatan – Makanan khas apa yang memiliki rasa manis, mengenyangkan dan tentunya lezat? Jawabannya bisa jadi jenang, bubur beras merah, dan kokoleh. Yang terakhir disebutkan, yaitu kokoleh merupakan makanan khas Kalimantan Selatan yang memiliki tekstur hampir sama dengan jenang, namun mempunyai rasa yang sedikit berbeda. Kekhasan rasanya membuat makanan ini banyak digemari dan dijadikan salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan saat berkumpul bersama keluarga.

Di kota asalnya, kokoleh dijual di berbagai tempat. Anda bisa menemukannya di warung makan, di penjual kue, pasar tradisional, pedagang kaki lima dan sebagainya. Dengan harga yang relatif murah, Anda sudah bisa mencicipi kekhasan rasanya yang nikmat tersebut. Makanan yang sejak dulu dibuat dengan resep kokoleh khas Kalimantan Selatan ini memang tidak pernah menghilangkan bahan atau bumbu rahasia yang membuat rasa khasnya berkurang.
Kokoleh Khas Kalimantan Selatan
Kokoleh Khas Kalimantan Selatan
Jadi, jika Anda tidak ingin ketinggalan, silahkan mengolah makanan ini dengan resep kokoleh khas Kalimantan Selatan yang akan disebutkan secara detail di bawah ini. Ada bahan-bahan beserta takarannya, bumbu dan juga langkah-langkah yang tidak boleh Anda lewati. Pastikan membaca dan memahami dengan cermat, ya!

Bahan:

  • ¼ kg tepung beras
  • 1.000 ml santan
  • 2 sendok makan air kapur sirih
  • 1 sendok makan garam
  • Pewarna makanan
  • Daun pandan secukupnya
  • Gula merah secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama sebelum membuat kokoleh adalah menyiapkan alat dan bahan-bahannya. Alat yang harus Anda siapkan terutama cetakan kue.
  2. Setelah itu, campur gula merah dan daun pandan kemudian rebus sampai matang mendidih
  3. Berikutnya campurkan tepung beras bersama santan lalu masukkan ke dalam wajan.
  4. Tambahkan air kapur sirih, garam dan pewarna makanan jika suka sembari tetap diaduk-aduk hingga rata dan kental seperti bubur
  5. Matikan kompor lalu dinginkan kokoleh. Anda bisa mencetaknya sesuai selera kemudian menyajikannya di piring atau wadah cekung dan disiriam kuah gula merah tadi
  6. Sajian kokoleh siap dinikmati

Itu tadi merupakan resep kokoleh khas Kalimantan Selatan. Jika Anda ingin menggunakan pewarna alami, silahkan memakai campuran daun pandan dan daun katuk yang diblender kemudian diperas sarinya. Sedikit tips dari kami dapat membuat Anda mengolah kokoleh dengan lebih sehat, karena tidak menggunakan pewarna makanan yang dijual di toko. Setelah itu, Anda bisa menyajikannya untuk keluarga, terutama untuk anak-anak Anda. Pasti mereka menyukainya! Baca Juga : Resep Membuat Alua Hintau Khas Kalimantan Selatan

Nah, selesai sudah resep kokoleh khas Kalimantan Selatan. Semoga Anda bisa menghasilkan sajian yang nikmat dan sehat. Selamat berkreasi dan tunggu resep-resep berikutnya dari kami. Salam koki untuk Anda yang terus berlatih sampai saat ini!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D