Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 03 November 2015

Resep Membuat Kue Lanun Khas Banyuwangi

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Kue Lanun Khas Banyuwangi – Lanun merupakan kue khas Banyuwangi yang terbuat dari tepung beras serta gula Jawa dengan campuran lainnya. Makanan ini memiliki rasa yang khas makanan tradisional, seperti cenil, gethuk dan gatot. Walaupun demikian, kekhasan rasa yang dimiliki lanun akan dapat membuat Anda ketagihan dan ingin terus mencobanya. Kalau Anda berkunjung ke Banyuwangi, sudah dipastikan bahwa lanun bisa ditemui di berbagai tempat.

Meskipun harganya lumayan murah, tapi Anda akan puas jika bisa membuat olahan tepung beras ini di rumah. Begitu, bukan? Dengan menghadirkan hidangan buatan sendiri juga bisa memberikan kebahagiaan tersendiri. Maka dari itu, buat Anda yang ingin sekali berkreasi di dapur, coba resep kue lanun khas Banyuwangi dan ciptakan kelezatannya.
Kue Lanun Khas Banyuwangi
Kue Lanun Khas Banyuwangi
Bahan:

  • Tepung beras secukupnya
  • Gula Jawa secukupnya
  • Air secukupnya
  • Kelapa secukupnya
  • Daun pisang kering secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama, siapkan semua bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue lanun khas Banyuwangi ini.
  2. Lalu Anda ambil daun pisang kering dan cuci sampai bersih. Keringkan kembali, bakar dan ambillah abunya
  3. Kemudian campur abu daun pisang tersebut bersama tepung beras dan air secukupnya. Aduk-aduk sampai merata dan menjadi larut
  4. Setelah itu, masak adonan tersebut selama kurang lebih seperempat jam. Angkat dan tunggu beberapa menit hingga dingin
  5. Kalau sudah dingin, bungkus dengan daun pisang lain yang sudah Anda siapkan sampai semua adonan habis
  6. Berikutnya kukus bungkusan tersebut selama 20 menit. Angkat
  7. Selanjutnya dinginkan sebentar dan buka dari bungkusan.
  8. Sementara itu buat saus gula Jawa dengan cara memanaskannya dengan air sampai mencair. Aduk-aduk merata
  9. Iris-iris tipis kue lanun dan sajikan di atas piring bersama parutan kelapa serta saus gula merah tadi
  10. Kue lanun siap dinikmati

Kue lanun yang sudah Anda sajikan akan menghadirkan aroma yang khas serta rasa yang begitu lezat. Apalagi kalau Anda membuatnya dengan resep kue lanun khas Banyuwangi yang begitu mudah dan gampang diterapkan. Dengan adanya kue lanun ini, Anda tidak perlu membeli jajanan di toko, sebab kue lanun selain tidak kalah nikmat dengan jajanan toko, juga sehat dan banyak gizinya. Coba saja buktikan, anak Anda pasti suka.

Baca Juga : Resep Membuat Sari Kacang Ijo
Silahkan membagi resep kue lanun khas Banyuwangi ini kepada teman-teman dan tetangga Anda. Biarkan mereka jadi koki keluarga seperti layaknya Anda. Dengan hanya mengolah kue lanun ini, mungkin saja mereka akan dipuji oleh seluruh anggota keluarga. Dengan begitu, sama saja Anda telah berbuat baik untuk sesama. Untuk Anda sendiri, jangan membuang resepnya, ya supaya tidak kebingungan ketika sedang membutuhkannya kembali.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D