Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 21 November 2015

Resep Membuat Lawar Daun Singkong Khas NTT

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Lawar Daun Singkong Khas NTT – Kalau Anda pernah mendengar lawar ayam, pasti juga tidak asing dengan makanan ini. Bedanya adalah, kalau lawar ayam menggunakan bahan dasar daging ayam, sedangkan lawar singkong sesuai dengan namanya yaitu menggunakan bahan utama daun singkong. Daun singkong di sini diolah bersama kelapa parut dan bumbu-bumbu lainnya yang memberikan ciri khas tersendiri.

Bagi Anda yang sebelumnya tidak menyukai daun singkong karena memang rasanya yang pahit, silahkan mencicipi makanan yang dibuat dari resep lawar daun singkong khas NTT ini. Dijamin Anda akan ketagihan dan melupakan rasa pahit yang tercipta. Anda bisa mencicipinya di daerah asalnya, karena makanan ini dijual di beberapa rumah makan dan restoran yang ada di sana. Akan tetapi, sebenarnya ada alternatif lain yang bisa Anda lakukan untuk mencicipiny dengan mudah.

Lawar Daun Singkong Khas NTT
Lawar Daun Singkong Khas NTT 
Benar sekali! Anda harus membuatnya dengan resep lawar daun singkong khas NTT yang memang disediakan khusus bagi Anda yang tertarik ingin merasakan kenikmatannya dengan gampang. Pembuatannya juga mudah, bahan-bahannya bisa Anda beli di pasar tradisional maupun toko kelontong dan yang pasti Anda bisa memahami dengan baik keseluruhan isi resep.

Bahan:

  • 1 ikat daun singkong, siangi
  • ½ sendok teh garam
  • 1 liter air

Bumbu:

  • 1 ons kelapa, parut kasar
  • 1 buah cabai merah besar
  • 1 buah cabai rawit merah
  • 1 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 2 buah cabai merah keriting
  • ¼ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh air perasan jeruk nipis
  • Sepucuk sendok teh terasi, bakar

Cara Membuat:

  1. Setelah menyiangi daun singkong, rebus bersama air dan garam hingga matang. Angkat lalu peras dan potong-potong sesuai selera
  2. Buat bumbu dengan mengukus kelapa parut kasar selama 10 menit. Angkat lalu sisihkan dulu
  3. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah keriting, cabai rawit merah, cabai merah besar, garam dan terasi
  4. Sesudah itu campur bumbu yang sudah Anda haluskan dengan air perasan jeruk nipis dan parutan kelapa. Aduk hingga rata
  5. Masukkan ke dalam wadah berisi daun singkong yang sudah dipotongi tadi. Aduk-aduk sampai benar-benar tercampur
  6. Sajikan di piring saji dan segera nikmati

Baca Juga : Resep Membuat Babika Timor Khas NTT
Makanan ini sangat cocok disantap berdua dengan orang terdekat Anda, karena memang khusus untuk dua porsi saja. Anda bisa menambahkan bahan dan bumbunya jika ingin menyajikannya dengan porsi lebih. Tapi, Anda harus tetap mengolahnya dengan resep lawar daun singkong khas NTT yang sudah terkenal mudah dan menghasilkan keistimewaan hidangan. Nah, selamat berkreasi dengan resep-resep selanjutnya dan salam koki untuk Anda. Sampai jumpa di lain waktu!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D