Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 12 November 2015

Resep Membuat Ledre Khas Bojonegoro

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Ledre Khas Bojonegoro – Ledre merupakan makanan khas Bojonegoro yang terbuat dari campuran tepung ketan, pisang raja dan juga parutan kelapa. Sebagai taburan, ledre menggunakan gula pasir yang turut menghadirkan rasa manis pada hidangannya. Di kota asalnya, makanan ini sangat istimewa dan banyak digemari berbagai kalangan. Sudah bukan hal yang mengherankan jika ledre selalu menjadi sajian di beberapa acara.

Jika Anda penasaran bagaimana bentuk dan rasa dari ledre ini, silahkan membaca resep ledre khas Bojonegoro dari awal sampai selesai. Kalau sudah memahami isinya, Anda bisa menyiapkan semua bahan dan bumbu lalu mengikuti langkah-langkah yang ada. Bagi pemula, membuat ledre dengan resep ini sangat direkomendasikan. Tidak percaya? Selamat mencoba!
Ledre Khas Bojonegoro
Ledre Khas Bojonegoro
Sebelumnya resep ledre khas Bojonegoro akan memberikan tips dalam mengolah jajanan ini. Pertama adalah ketika Anda akan memarut kelapa, kerok dulu kulit airnya. Kedua, untuk membuat ledre Anda harus memilih pisang raja yang sudah benar-benar matang, karena jika tidak akan membuat rasanya sepat. Anda pun bisa menggantinya dengan pisang kepok. Pakai tepung ketan yang merupakan hasil gilingan baru, tidak terlalu kasar dan tidak terlalu lembut.

Bahan:

  • ¼ kg tepung ketan
  • ¼ liter air
  • 1 ons gula
  • 5 buah pisang raja, dilumat kasar
  • 1 butir kelapa sedang, diparut kasar
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh vanili

Bahan Taburan:

  • Gula pasir secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama setelah menyiapkan semua bahan adalah merebus air bersama garam, gula dan vanili sampai larut sembari diaduk-aduk.
  2. Tambahkan kelapa parut lalu aduk-aduk hingga rata dan matikan api. Ketika masih panas, Anda bisa memasukkan tepung ketan sampai membentuk adonan yang kental
  3. Oleskan mentega tipis-tipis pada wajan anti lengket. Ambil dua sendok makan adonan lalu tekan-tekan dengan punggung sendok sampai tipis.
  4. Taburkan 2 sendok makan pisang yang sudah dilumatkan. Ratakan lalu taburi juga dengan gula pasir
  5. Kemudian tutup wajan supaya pisangnya matang. Kalau bagian bawang sudah berkerak seperti agak gosong, Anda bisa melipat ledre. Lakukan sampai adonan habis.
  6. Sajikan di piring saji dan silahkan menikmatinya
Itulah resep ledre khas Bojonegoro. Jangan lupa untuk mengikuti setiap langkah yang ada di dalamnya. Beberapa tips yang cukup membantu Anda mengolahnya sudah tersedia, jadi Anda bisa memperhatikannya demi hasil dari ledre buatan Anda. Jika sudah, silahkan menyajikan dan menikmatinya di waktu santai. Baca Juga : Resep Membuat Kue Lanun Khas Banyuwangi

Dengan resep ledre khas Bojonegoro, Anda bisa mengenalkan hidangan lezat ini kepada keluarga dan teman-teman Anda. Kalau perlu, bagikan resep ini supaya mereka bisa menghadirkan jajanan tradisional yang istimewa di rumah.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D