Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 21 November 2015

Resep Membuat Plecing Kangkung Khas NTB

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Plecing Kangkung Khas NTB – Plecing kangkung merupakan makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Makanan ini menjadi kuliner khas yang sudah melegenda sejak dulu. Rasanya yang lezat dan istimewa tidak kalah dengan sajian-sajian lainnya. Hal itu bisa dilihat langsung dari bumbu-bumbu yang digunakan, yang lebih lengkap dan memberikan rasa yang kuat juga. Karena begitu terkenal di daerah asalnya, maka ketika Anda berkunjung ke sana jangan lupa mampir dan mencicipi makanan khas Lombok ini.

Namun, Anda bisa membuatnya di rumah dengan mudah. Sebab, resep plecing kangkung khas NTB memang sangatlah sederhana. Yang perlu Anda lakukan untuk membuat makanan berbahan dasar kangkung ini adalah membaca dan memahami resepnya terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa menyiapkan semua bahan dan bumbu yang dibutuhkan agar tidak kerepotan pada saat proses pembuatannya.
Plecing Kangkung Khas NTB
Plecing Kangkung Khas NTB
Mari simak kelanjutan resep plecing kangkung khas NTB dengan cermat!
Bahan:

  • 2 ikat kangkung, potong-potong lalu rebus
  • ¾ ons tauge, seduh menggunakan air panas
  • 1 buah jeruk limau
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh gula pasir
  • 6 sendok makan minyak goreng
Bumbu Halus:
  • 2 sendok makan terasi, bakar
  • 3 buah cabai rawit
  • 3 siung bawang merah
  • 5 buah cabai merah besar
  • 5 butir kemiri, disangrai

Cara Membuat:

  1. Siapkan kangkung untuk dicuci dan direbus hingga layu kemudian angkat dan siram menggunakan air dingin. Tiriskan. Lakukan hal yang sama dengan tauge.
  2. Setelah merebus dan menyeduh sayuran yang digunakan untuk membuat plecing kangkung, Anda bisa menghaluskan semua bumbu halus dan melarutkannya dengan sedikit air
  3. Kalau sudah, campur bumbu halus dengan air perasan jeruk nipis, garam dan gula pasir. Aduk sampai rata
  4. Panaskan minyak secukupnya lalu tuangkan ke dalam campuran bumbu tadi. Aduk hingga merata dan siramkan pada kangkung serta tauge yang sudah dicampur menjadi satu.
  5. Aduk-aduk merata lalu siap dihidangkan
Makanan yang dibuat dengan resep plecing kangkung khas NTB ini memang cocok dijadikan lauk dan disantap bersama kerupuk. Anda juga bisa menghidangkannya dengan rasa yang lebih pedas. Tambahkan cabai pada bahan dalam resep plecing kangkung khas NTB. Setelah siap semua, Anda bisa langsung mencicipinya bersama keluarga. Disantap untuk makan siang pasti lebih nikmat. Baca Juga : Resep Membuat Acar Kupang Khas NTT

Buat Anda yang sudah mengolah hidangan dengan resep plecing kangkung khas NTB ini, semoga hidangan yang Anda sajikan terhidang dengan istimewa dan nikmat. Sehingga akan membuat keluarga nagih dan ingin tambah lagi. Maka dari itu, silahkan simpan resep plecing kangkung khas NTB di bookmark Anda, ya. Selamat berkreasi dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D