Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 01 November 2015

Resep Membuat Putu Ayu Khas Banyuwangi

Advertisement
Advertisement

Resep Putu Ayu Khas Banyuwangi – Putu ayu merupakan kue tradisional yang memiliki tekstur lembut. Jajanan pasar ini rasanya memang enak dan sampai saat ini memiliki penggemar yang juga banyak. Kue yang sering disebut putri ayu ini juga mudah ditemui di berbagai penjual jajanan yang lewat di depan rumah Anda maupun menjajakan jajanannya di depan minimarket. Ciri utama dari putu ayu adalah memiliki tampilan yang cantik dengan perpaduan warna antara hijau serta putih. Itulah yang membuatnya dinamakan putu ayu, karena tampilannya sangat cantik atau ayu dalam bahasa Jawanya.

Kalau Anda ingin mengolahnya, silahkan membaca resep putu ayu khas Banyuwangi. Di dalam resep atau panduan ini sudah dijelaskan cara membuat putu ayu dengan baik dan benar serta sederhana. Anda pasti akan menemukan keistimewaannya ketika kue Anda sudah jadi. Nikmati ketika waktu istirahat tiba dan hidangkan kopi serta teh hangat pula. Selamat memasak kue itu dulu.
Putu Ayu Khas Banyuwangi
Putu Ayu Khas Banyuwangi
Bahan:

  • 1 sendok teh soda kue
  • 2 butir telur ayam
  • 2 ons gula pasir
  • 1 ½ ons tepung terigu
  • 1 ons kelapa muda, diparut
  • 200 ml santan
  • Pewarna makanan secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama, setelah menyiapkan semua bahannya Anda harus mencampur kocokan telur dengan soda kue serta gula pasir. Aduk sampai mengembang serta berwarna putih.
  2. Lalu masukkan terigu dalam campuran tersebut. Aduk hingga rata
  3. Tuangkan santan juga sedikit demi sedikit sembari tetap mengaduknya. Kemudian tambahkan juga pewarna makanan hijau secukupnya. Aduk lagi sampai rata. Sisihkan dulu
  4. Berikutnya campur garam dengan parutan kelapa, aduk rata dan masukkan ke dasar cetakan putu ayu. Tekan sedikit agar lebih padat
  5. Selanjutnya, tuangkan adonan putu ayu di atasnya sampai setinggi cetakan
  6. Panaskan panci kukusan dan kukus putu ayu sampai matang. Angkat lalu sajikan
  7. Putu ayu khas Banyuwangi siap disajikan di atas piring dan dinikmati

Sajian dari resep putu ayu khas Banyuwangi ini akan menghasilkan 18 buah kue putu ayu dengan rasa yang fantastis. Sedikit tips saja untuk Anda, ketika mengukusnya gunakan api kecil atau sedang supaya kukusan tidak terlalu panas. Jika kukusan panas akan menyebabkan kue yang Anda masak merekah. Gunakan juga kelapa muda supaya tampilannya lebih menarik. Kalau Anda mengikuti tips dari resep putu ayu khas Banyuwangi, hidangan Anda akan tersaji dengan baik dan istimewa.

Baca Juga : Resep Membuat Urap-Urap Khas Banyuwangi
Setelah membaca resep putu ayu khas Banyuwangi ini, diharapkan Anda bisa mencari resep kue lain dari Indonesia yang unik dan menarik serta belum pernah Anda temui. Selamat berkreasi dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D