Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 10 November 2015

Resep Membuat Sayur Menir Khas Gresik

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Sayur Menir Khas Gresik – Di Indonesia, banyak sekali sayur yang bisa Anda pilih untuk menu makan siang. Ada dua tipe sayur, yaitu sayur bening dan juga sayur kental. Sayur bening adalah sayur yang warna kuahnya bening serta rasanya menyegarkan, kebalikannya yaitu sayur kental adalah sayur yang menggunakan santan. Sudah pasti kedua rasanya berbeda, dilihat dari bahan maupun bumbu dan cara pembuatannya.

Anda bisa memilih sayur apa saja yang akan Anda gunakan, salah satunya adalah sayur menir ini. Sebenarnya ada beberapa versi sayur menir yang ada di Indonesia. Sayur menir dari Solo menggunakan jagung manis dan bayam sebagai bahan dasarnya. Kalau sayur yang akan diolah dengan resep sayur menir khas Gresik ini menggunakan daging tetelan serta kangkung sebagai bahan isiannya. Bagaimana rasanya?
Sayur Menir Khas Gresik
Sayur Menir Khas Gresik
Anda bisa membuatnya di rumah dengan resep sayur menir khas Gresik. Cara membuatnya sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahannya dan tentu saja membaca serta memahami keseluruhan isi resep sayur menir khas Gresik supaya tidak kebingungan di tengah-tengah proses pembuatannya.

Bahan:

  • ½ ons daging tetelan
  • 1 ½ liter air
  • 2 ½ sendok teh gula pasir
  • 2 cm temu kunci
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 4 sendok teh garam
  • ¼ kg kangkung, siangi dan potong pendek

Bumbu Uleg:

  • 4 buah cabai merah
  • 4 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah

Cara Membuat:

  1. Setelah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, silahkan mencuci bersih daging tetelan lalu rebus dalam air hingga empuk dan matang.
  2. Tambahkan bumbu uleg bersama daun salam, lengkuas dan temu kunci. Aduk-aduk dan masak hingga harum serta mendidih kembali
  3. Tambahkan kangkung yang sudah disiangi, dicuci dan dipotongi. Aduk-aduk hingga matang. Lalu angkat dan siapkan mangkuk untuk menyajikannya.
  4. Tuang sayur menir dalam mangkok lalu segera santap selagi masih hangat

Resep sayur menir khas Gresik di atas akan menghasilkan 4 porsi hidangan. Anda bisa segera merasakan kenikmatannya bersama nasi putih yang masih hangat serta sambal bawang. Rasanya memang nikmat, apalagi kalau Anda melengkapinya dengan kerupuk. Perpaduan rasa asin, gurih, dan segar bersatu membentuk sebuah kelezatan hidangan yang sebelumnya tidak pernah Anda rasakan. Baca Juga : Resep Membuat Bungkuk Khas Banyuwangi

Itulah tadi resep atau panduan yang bisa Anda terapkan di rumah. Memang mudah proses pembuatannya, namun Anda tetap harus memperhatikan step-step yang ada. Hal itu dilakukan supaya hasil yang Anda inginkan bisa terwujud. Selamat memasak dengan resep sayur menir khas Gresik dan jangan lupa untuk menghidangkannya secara istimewa buat keluarga. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D