Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 06 November 2015

Resep Membuat Tiwul Khas Jombang

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Tiwul Khas Jombang – Tiwul merupakan makanan khas Jombang. Kuliner asal kota pesantren ini memiliki rasa yang khas, yaitu manis dan gurih. Anda bisa menyantapnya sebagai camilan maupun sarapan pagi alias pengganti fungsi nasi. Sebab, tiwul khas Jombang ini kaya akan zat tepung yang sangat baik untuk tubuh kita. Anda pun dapat menemukannya dengan mudah di Jombang, apalagi di penjual keliling. Biasanya tiwul dijual bersama cenil, gethuk dan makanan tradisional khas lainnya.

Sekarang ada resep tiwul khas Jombang yang bisa Anda gunakan sebagai panduan untuk membuatnya di rumah. Proses pembuatannya sangat mudah, tidak lama dan bisa Anda terapkan di rumah. Mungkin yang membuatnya lama adalah proses penjemurannya yang membutuhkan beberapa hari. Tapi, hal itu tidak akan membuat Anda menyesal telah mengolahnya dengan baik. Sebab kalau tidak dijemur sampai membentuk tekstur yang diinginkan, bisa jadi tiwul buatan Anda dengan resep tiwul khas Jombang tidak berhasil dengan sempurna.
Tiwul Khas Jombang
Tiwul Khas Jombang
Inilah resep tiwul khas Jombang yang bisa Anda simak kelanjutannya berikut ini!
Bahan:

  • 3 ½ ons singkong
  • ¼ liter air
  • 2 ons kelapa, diparut
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 ½ ons gula Jawa, disisir halus
  • Garam secukupnya
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama kupas singkong yang sudah disiapkan lalu silahkan menjemurnya selama kurang lebih 4 hari.
  2. Angkat dari jemuran dan kemudian tumbuk sambil menambahkan sedikit air agar mudah. Tumbuk sampai menjadi butiran kecil.
  3. Kemudian masukkan gula Jawa yang sudah disisir halus dan aduk sampai rata
  4. Siapkan daun pisang dan bungkus singkong tumbukan tersebut lalu semat menggunakan lidi. Lakukan langkah ini sampai semua adonan terbungkus. Sisihkan dulu
  5. Campurkan parutan kelapa dengan garam secukupnya.
  6. Setelah itu, Anda bisa menyiapkan dandang dan mengukus bungkusan gaplek beserta campuran kelapa tersebut juga daun pandan.
  7. Anda bisa mengukusnya selama kurang lebih setengah jam sampai matang. Angkat
  8. Sajikan di piring saji dengan cara membuka bungkusannya dan menambahkan parutan kelapa kukus di atasnya.
  9. Nikmati selagi masih hangat.

Benar, sekali Anda harus menyantap hidangan dengan resep tiwul khas Jombang ini selagi masih hangat. Karena hal tersebut akan membuat Anda bisa merasakan kenikmatan tiwul yang masih sedap. Jangan lupa untuk merasakan kenikmatannya bersama keluarga Anda di rumah supaya kebersamaannya semakin terasa. Baca Juga : Resep Membuat Kue Pukis Khas Banyuwangi

Silahkan menyimpan resep tiwul khas Jombang ini di bookmark Anda sekaligus menyebarkan atau membagikannya kepada teman-teman serta tetangga Anda agar mereka bisa menyajikan hidangan istimewa ini di rumah seperti Anda. Salam koki dan selamat berkreasi untuk Anda yang gemar memasak.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D