Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 01 Desember 2015

Resep Membuat Bingka Kentang Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Bingka Kentang Khas Kalimantan Selatan – Bingka kentang merupakan kue asli Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Namun, Anda bisa menemukannya, baik di Kalimantan Selatan sendiri maupun di Kalimantan Timur. Makanan ini sangatlah unik, karena menggunakan kentang sebagai bahan utamanya. Cara memasaknya juga dibakar di atas bara api atau api kompor: Rasanya yang khas, yaitu manis, sedap dan mengenyangkan dapat Anda rasakan dengan segera setelah mengunjungi kota asalnya.

Bila Anda tidak ingin ketinggalan dengan ibu-ibu koki lainnya, silahkan membuat makanan tersebut di rumah dengan resep bingka kentang khas Kalimantan Selatan. Proses pembuatannya tidak memakan waktu yang lama, kok. Lagipula sangatlah mudah untuk membuatnya dengan resep tersebut, karena bisa dibilang prosesnya juga sederhana. Yang terpenting adalah Anda memahami keseluruhan isi resep bingka kentang khas Kalimantan Selatan di bawah ini.
Bingka Kentang Khas Kalimantan Selatan
Bingka Kentang Khas Kalimantan Selatan
Ya, bila Anda sudah membacanya dengan cermat, silahkan menyiapkan semua bahan yang diperlukan sesuai dengan takaran yang ada dalam resep bingka kentang khas Kalimantan Selatan.

Bahan:

  • 250 gram kentang
  • 500 gram parutan kelapa
  • 7 sendok makan tepung terigu
  • 2 butir telur ayam
  • 50 gram gula pasir
  • 3 sendok makan susu kental manis
  • Vanila secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Kalau Anda sudah memarut kelapa, campur dengan satu gelas air untuk diperas dan menghasilkan santan
  2. Jika sudah, rebuslah santan tersebut sampai matang dan menjadi ¾ gelas
  3. Berikutnya, kupas dan cuci kentang sampai bersih. Setelah itu rebuslah sampai matang dan empuk. Angkat dan haluskan
  4. Campur telur, vanila, garam dan gula menjadi satu lalu aduk rata.
  5. Masukkan tepung dan kentang yang sudah dihaluskan dalam adonan tersebut dan aduk hingga menyatu
  6. Selanjutnya, masukkan adonan ke dalam cetakan yang sudah Anda olesi minyak atau mentega tipis-tipis supaya tidak lengket
  7. Kemudian bakar menggunakan api sedang hingga matang kecoklatan. Bingka kentang siap disajikan di piring saji dan dinikmati

Mudah, bukan membuatnya dengan resep bingka kentang khas Kalimantan Selatan di atas? Kalau kurang mudah, Anda bisa melihat hasilnya yang pasti sangat istimewa. Rasa lelah Anda akan terbayar setelah menyantap bingka kentang pada gigitan pertama. Lezatnya langsung nampol di lidah. Bila Anda ketagihan, kan bisa membuatnya lagi nanti.

Baca Juga : Resep Membuat Hintalu Karuang Khas Kalimantan Selatan
Tetap dengan resep bingka kentang khas Kalimantan Selatan, Anda bisa membuatnya kembali di lain waktu. Mungkin untuk sajian lebaran, hidangan di acara-acara keluarga maupun sekedar untuk mengemil saja. Resep bingka kentang khas Kalimantan Selatan pasti cocok buat Anda. Makanya, buruan mengolahnya di rumah lalu tunjukkan hasilnya pada keluarga Anda. Salam koki dan selamat berkreasi!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D