Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 01 Desember 2015

Resep Membuat Bubur Habang Bubur Putih Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Bubur Habang Bubur Putih Khas Kalimantan Selatan – Bubur merupakan makanan khas Indonesia yang sering disajikan di pagi hari untuk sarapan. Ada bermacam-macam bubur yang bisa Anda temui di Indonesia, seperti bubur ayam, bubur beras merah dan bubur putih. Kalau kuliner yang berasal dari Kalimantan Selatan satu ini adalah bubur habang bubur putih. Anda bisa menemukannya di berbagai tempat, seperti di penjual sayur maupun pasar tradisional.

Bubur habang bubur putih maksudnya adalah hidangan bubur merah dan bubur putih yang disajikan secara bersamaan. Kalau di Jawa sendiri, hidangan ini sering disajikan di acara syukuran dan sebagainya. Rasanya lembut dan nikmat serta cocok untuk sarapan maupun makan malam Anda. Dengan membuatnya menggunakan resep bubur habang bubur putih khas Kalimantan Selatan, semua masalah teratasi.
Bubur Habang Bubur Putih Khas Kalimantan Selatan
Bubur Habang Bubur Putih Khas Kalimantan Selatan
Kalau Anda sudah bisa membuatnya di rumah dengan resep bubur habang bubur putih khas Kalimantan Selatan, acara-acara penting yang terselenggara di rumah Anda tidak bakal keteteran. Sebab, Anda bisa membuatnya di rumah sebagai suguhan untuk para tamu. Lagipula proses pembuatannya tidak memakan waktu lama dan juga mudah sekali. Bahan-bahannya pun tidak sulit ditemukan.

Bahan:

  • ¼ kg beras putih
  • ½ liter santan kental
  • 1.000 ml santan encer
  • 2 ons gula merah, disisir halus
  • 2 lembar daun pandan
  • ½ butir kelapa, diparut memanjang
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bumbu dan bahan yang digunakan untuk membuat bubur habang bubur putih khas Kalimantan Selatan
  2. Setelah itu, Anda bisa mencuci beras putih sampai bersih, baru kemudian memasaknya bersama santan encer, daun pandan dan garam sampai menjadi bubur
  3. Tuangkan santan kental kemudian masak beberapa menit dan angkat. Bagi bubur menjadi dua bagian
  4. Bagian pertama Anda biarkan saja dulu, sedangkan bagian kedua bisa Anda masak kembali bersama sisiran gula merah. Aduk merata. Angkat
  5. Siapkan piring lalu tata bubur putih tadi di separo kanan dan bubur kanan di separo kiri. Taburi parutan kelapa di atasnya
  6. Bubur habang bubur putih siap dinikmati

Puas, bukan jika sudah membuatnya dengan resep bubur habang bubur putih khas Kalimantan Selatan? Kalau belum puas, silahkan membuatnya di lain waktu. Tapi, resep tersebut bisa menghasilkan 8 porsi hidangan yang dapat Anda santap bersama keluarga. Jika kurang, silahkan menambahkan takaran bahan dan bumbunya pada resep di atas.

Baca Juga : Resep Membuat Guguduh Gumpal Khas Kalimantan Selatan
Nah, bila Anda ingin membuatnya lagi, simpan saja resep bubur habang bubur putih khas Kalimantan Selatan ini di bookmark. Hal itu dilakukan supaya Anda tidak perlu mencarinya kembali ketika membutuhkan untuk acara mendadak. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D