Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 02 Desember 2015

Resep Membuat Ikan Bumbu Pedas Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Ikan Bumbu Pedas Khas Kalimantan Selatan – Ikan bandeng merupakan bahan makanan yang juga paling sering dicari di pasar. Banyak olahan yang menggunakan ikan ini dengan hasil yang sangat istimewa, seperti ikan bandeng bumbu merah, bandeng presto, otak-otak bandeng dan masih banyak lagi. Nah, di Kalimantan Selatan ada makanan berbahan utama ikan bandeng yang sangat lezat dan kaya rempah. Penasaran apa itu? Silahkan simak kelanjutannya.

Ikan bumbu pedas merupakan makanan khas Kalimantan yang menjadikan bandeng sebagai bahan utamanya. Rasanya yang lezat, yaitu pedas, gurih serta segar pasti akan membuat Anda ketagihan untuk mencicipinya. Meskipun terlihat seperti ikan bandeng yang digoreng dan disiram bumbu pedas biasa, tapi kekhasan rasa yang tercipta dari proses pembuatannya menggunakan resep ikan bumbu pedas khas Kalimantan Selatan dapat mengalahkan makanan apapun.
Ikan Bumbu Pedas Khas Kalimantan Selatan
Ikan Bumbu Pedas Khas Kalimantan Selatan 
Untuk Anda yang gemar memasak olahan ikan, rugi kalau belum mencoba resep ikan bumbu pedas khas Kalimantan Selatan ini. Sebab selain bahan-bahan yang diperlukan mudah ditemukan, proses pembuatannya pun sangatlah mudah.

Bahan:

  • ½ kg ikan bandeng utuh
  • ¼ liter air
  • 2 sendok makan air perasan jeruk nipis
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 1 ½ sendok teh gula pasir
  • 1 ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh merica bubuk

Bumbu Iris:

  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah

Bumbu Ditumbuk Kasar:

  • 4 batang serai
  • 6 buah cabai merah

Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan lalu bersihkan ikan bandeng dan kerat-kerat. Baru setelah itu Anda bisa mencucinya hingga bersih
  2. Kalau sudah, lumurkan merica dan garam pada badan ikan dan rendam selama seperempat jam
  3. Angkat lalu panaskan minyak untuk menggoreng ikan berbumbu tersebut sampai matang. Tiriskan lalu sisihkan dulu
  4. Panaskan minyak kembali untuk menumis bumbu tumbuk kasar dan bumbu iris hingga harum
  5. Masukkan garam, gula dan air jeruk nipis lalu tuangi air secukupnya. Aduk-aduk hingga matang
  6. Sajikan ikan di piring atau wadah cekung lalu siram dengan kuah yang baru saja Anda buat. Hidangan ikan bumbu pedas siap dinikmati

4 porsi hidangan akan tersaji di meja makan rumah Anda setelah memasaknya dengan resep ikan bumbu pedas khas Kalimantan Selatan. Setelah itu Anda bisa mencicipinya bersama keluarga dengan nasi putih yang masih hangat. Sensasi rasa pedas yang tercipta membuat Anda tidak perlu menggunakan sambal sebagai bahan pelengkap sajian tersebut.

Baca Juga : Resep Membuat Lapat Sambal Kacang Khas Kalimantan Selatan 
Bagi Anda yang ingin memasaknya kembali, jangan khawatir karena resep ikan bumbu pedas khas Kalimantan Selatan akan senantiasa menuntun Anda membuatnya. Jadi, jangan hapus atau membuang resep ini, ya! Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D