Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 04 Desember 2015

Resep Membuat Jarukan Kembang Tigaron Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Jarukan Kembang Tigaron Khas Kalimantan Selatan – Makanan dengan nama panjang tersebut adalah menu khas Kalimantan Selatan yang sudah sejak lama menjadi makanan kesukaan orang Banjar. Makanan dengan rasa unik ini memang banyak digemari karena selain proses pembuatannya yang sangat mudah juga nikmat jika dipadukan dengan nasi putih. Makanan yang berbahan dasar kembang tigaron ini biasa disantap dengan sambal terasi dan dihidangkan juga bersama telur asin yang telah dipotongi atau dibelah menjadi dua bagian.

Bila Anda ke Kalimantan Selatan, jangan lupa mampir untuk mencicipi kelezatan rasanya. Namun, bila Anda belum sempat ke sana, buat saja di rumah dengan resep jarukan kembang tigaron khas Kalimantan Selatan. Proses pembuatannya dengan resep tersebut sangat mudah, karena tidak perlu direbus melainkan hanya disiram dengan air mendidih saja. Apalagi bahan-bahan yang digunakan juga tidak sulit didapat.
Jarukan Kembang Tigaron Khas Kalimantan Selatan
Jarukan Kembang Tigaron Khas Kalimantan Selatan
Selamat mencoba resep jarukan kembang tigaron khas Kalimantan Selatan di rumah sekarang juga agar Anda bisa tahu nikmatnya makanan orang Banjar ini.

Bahan:

  • Kembang tigaron secukupnya
  • Air mendidih secukupnya
Bumbu:
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Bahan Pelengkap:

  • Sambal terasi
  • Telur asin, kupas dan bagi menjadi dua bagian

Cara Membuat:

  1. Setelah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, silahkan mencuci bersih kembang tigaron lalu taruh dalam wadah
  2. Tuangi air mendidih ke dalam wadah tersebut dan biarkan selama kurang lebih setengah jam. Usahakan untuk merendamnya lumayan lama supaya tigaron makin menjadi
  3. Tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya lalu aduk-aduk sampai rata. Icipi rasanya, sudah pas atau belum
  4. Jika sudah pas, Anda bisa menyajikannya di mangkuk bersama irisan telur asin yang telah disiapkan
  5. Lalu siapkan sambal terasi juga sebagai teman makannya.

Perlu diketahui sebelum Anda beranjak untuk mengolah makanan dengan resep jarukan kembang tigaron khas Kalimantan Selatan ini. Tigaron tidak dapat ditemukan di sembarang tempat, jadi bagi Anda orang Banjarmasin asli, bila sedang merantau ke suatu daerah dan dikirimi makanan ini, berbanggalah hati. Namun, bagi Anda yang belum pernah mencobanya jangan khawatir. Buat saja di rumah atau pergi ke tempat saudara yang kebetulan tinggal di kota asal masakan ini. Baca Juga : Resep Membuat Gangan Waluh Khas Kalimantan Selatan

Nah, masih banyak makanan khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang belum Anda coba. Silahkan mengolahnya sekarang, mulai dari yang simple seperti resep jarukan kembang tigaron khas Kalimantan Selatan sampai yang paling sulit yaitu aneka olahan gangan dengan rasa nikmat. Anda bisa menyimpan resep ini untuk dijadikan referensi di kemudian hari dan mengkreasikannya menjadi menu baru yang tetap kaya akan kekhasan rasa dari Indonesia. Salam koki dan selamat berkreasi!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D