Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 03 Desember 2015

Resep Membuat Kue Kelemben Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Kue Kelemben Khas Kalimantan Selatan – Kue dan roti di Indonesia memang bervariasi. Rasa, bentuk dan tekstur yang dihadirkan juga semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Ada macam-macam kue baru dengan bahan dan bentuk baru pula. Anda bisa menemukannya di berbagai cafe yang tersebar di Indonesia ini. Namun, hal itu tidak akan pernah menggeser kue tradisional Indonesia yang memang sudah melegenda. Salah satu kue atau roti tersebut berasal dari Kalimantan Selatan. Penasaran apa kuenya?

Roti atau kue kelemben merupakan makanan khas Kalimantan Selatan yang ada sejak dulu. Makanan ini menggunakan bahan-bahan biasa, seperti tepung terigu yang sudah dikeringkan, gula pasir, telur dan air secukupnya. Mengolahnya dengan resep kue kelemben khas Kalimantan Selatan pun tidak sesulit yang Anda bayangkan. Sebab, bila sulit, masyarakat Kalimantan Selatan mengingat hasilnya yang sangat istimewa.
Kue Kelemben Khas Kalimantan Selatan
Kue Kelemben Khas Kalimantan Selatan
Nah, bila Anda ingin seperti mereka, buatlah dengan resep kue kelemben khas Kalimantan Selatan. Seperti yang sudah disebutkan bahwa bahan-bahan yang digunakan tidak akan sulit didapat di pasar maupun toko kelontong. Anda bisa langsung berbelanja dan kemudian membaca keseluruhan isi resep untuk dipraktekkan di dapur.
Di bawah ini adalah resep kue kelemben khas Kalimantan Selatan yang dijelaskan secara lebih detail. Anda bisa membaca dan memahaminya sebelum mengolah makanan lezat tersebut.

Bahan:

  • 100 ml air putih
  • Gula secukupnya
  • 2 gelas tepung terigu kering yang sudah dijemur
  • 2 butir telur ayam

Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan-bahan dan bumbu yang akan digunakan untuk membuat kue kelemben.
  2. Setelah itu ambil wadah dan kocok telur bersama air secukupnya hingga mengembang
  3. Masukkan tepung terigu lalu aduk hingga rata. Kalau sudah rata baru tuangkan adonan tersebut pada loyang yang telah disiapkan
  4. Bakar dalam oven atau menggunakan api kompor. Agar panasnya merata, silahkan menutup loyang dengan penutup dari tembikar tanah liat yang telah dipanaskan sebelumnya
  5. Angkat lalu sajikan di piring saji dan siap dinikmati

Makanan dari resep kue kelemben khas Kalimantan Selatan ini memang mudah cara pembuatannya. Hal itu sangat tidak sebanding dengan rasanya yang nikmat, bukan? Anda bisa segera menyantapnya baik untuk sarapan pagi maupun sekedar ngemil di depan TV. Bersama kopi dan teh hangat, kelezatan rasanya lebih lengkap lagi. Baca Juga : Resep Membuat Kue Petah Khas Kalimantan Selatan

Hidangan ini juga sangat cocok disajikan untuk suguhan tamu yang datang ke rumah Anda. Siapa tahu mereka menyukai sajian buatan Anda dengan resep kue kelemben khas Kalimantan Selatan ini. Jika mereka ketagihan, buatlah kembali dengan resep tersebut di lain kesempatan lalu pamerkan kembali kepada mereka. Selamat berkreasi dan salam koki untuk Anda!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D