Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 03 Desember 2015

Resep Membuat Rangai Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Rangai Khas Kalimantan Selatan – Pernah merasakan sagon, makanan khas daerah di Pulau Jawa? Rasanya yang renyah dan manis-manis gurih membuat Anda tertarik untuk menyajikannya di hari Raya, bukan? Nah, bila Anda tertarik, silahkan berbelanja sagon di daerah asalnya hingga Anda puas. Jika belum puas, buat saja sendiri di rumah dengan resep yang sudah tersedia.

Tapi, bagi Anda warga Kalimantan Selatan pasti sudah mengenal makanan ini. Rangai. Rangai adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang mirip dengan sagon basah. Makanan ini memiliki rasa manis, gurih dan lezat serta cocok dijadikan santapan di waktu santai. Masyarakat Banjar biasa membuatnya dengan resep rangai khas Kalimantan Selatan yang telah melegenda. Jadi, bila Anda ingin menyajikannya di acara-acara penting, buat saja di rumah.
Rangai Khas Kalimantan Selatan
Rangai Khas Kalimantan Selatan
Dengan resep rangai khas Kalimantan Selatan ini Anda bisa berkreasi dengan masakan. Proses pembuatannya tidak terlalu susah jika dibandingkan dengan kue-kue lainnya. Tapi, Anda harus menyiapkan bahan-bahannya sesuai dengan takaran yang disebutkan lalu membaca resep tersebut dengan cermat. Setelah itu buatlah di dapur dengan penuh suka ria dan menanti hasilnya. Selamat mencoba.

Bahan:

  • ½ butir kelapa agak tua, kupas dan parut
  • 1 ons ampas kelapaashj`
  • 1 ons tepung sagu aren
  • ¼ kg gula merah, diparut
  • ¼ sendok teh garam

Cara Membuat:

  1. Sesudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan Anda bisa mencampur kelapa parut bersama tepung sagu, ampas kelapa dan garam lalu mengaduknya hingga rata
  2. Panaskan wajan dengan diameter 12 cm di atas api lalu taruh kurang lebih 1-2 sendok makan adonan di dalamnya sembari diratakan sampai tipis
  3. Masak rangai tersebut sampai kering dan matang lalu setelah itu raburi permukaan rangai dengan gula merah dan lipat menjadi dua.
  4. Lakukan proses penggorengan ini sampai adonan habis. Angkat dan tiriskan lalu tata di atas piring saji
  5. Rangai khas Kalimantan Selatan siap dinikmati

Mudah sekali, bukan membuatnya dengan resep rangai khas Kalimantan Selatan? Resep tersebut akan menghasilkan 16 porsi hidangan yang dapat Anda santap hangat-hangat bersama keluarga. Sedikit tips bagi Anda yang masih mengolahnya di dapur. Masak saja dengan kayu bakar supaya lebih nikmat dan aromanya terasa lezat. Meskipun agak lama, tapi hasil yang diberikan juga semakin nikmat. Pertimbangkan hal tersebut!

Baca Juga : Resep Membuat Kalalapon Khas Kalimantan Selatan
Apabila Anda ingin membuatnya lagi di rumah, resep rangai khas Kalimantan Selatan telah tersedia dan bisa disimpan di bookmark. Bila Anda sudah mahir membuatnya, acara-acara penting seperti arisan dan syukuran sudah tidak keteteran lagi karena Anda bisa membuatnya sendiri bersama anggota keluarga lainnya. Semoga sajian Anda diterima oleh keluarga dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D