Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 05 Desember 2015

Resep Membuat Sambal Pakasam Sapat Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Sambal Pakasam Sapat Khas Kalimantan Selatan – Pakasam sapat merupakan nama salah satu jenis ikan. Ikan tersebut sering diolah menjadi sajian istimewa oleh masyarakat Banjar. Salah satu hasil dari bahan tersebut adalah makanan dari resep sambal pakasam sapat khas Kalimantan Selatan. Pelengkap santap siang ini memiliki rasa yang khas dan nikmat. Apabila Anda berkunjung ke Kalimantan Selatan, cobalah hidangan ini agar rasa penasaran yang sudah mulai muncul dalam diri Anda segera teratasi.

Namanya saja sambal pakasam sapat, sudah barang tentu menggunakan ikan sepat atau pakasam sebagai bahan utama pembuatannya. Ikan tersebut lalu diolah dengan berbagai bumbu seperti bawang dan cabai serta penyedap rasa lainnya yang digoreng bersama hingga tercampur rata. Sesudah itu, hidangan yang telah dibuat dengan resep sambal pakasam sapat khas Kalimantan Selatan ini bisa segera dihidangkan untuk makan siang.
Sambal Pakasam Sapat Khas Kalimantan Selatan
Anda bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Baca saja keseluruhan isi resep sambal pakasam sapat khas Kalimantan Selatan. Cara membuatnya sangat mudah dan dijamin bisa membuat Anda ketagihan untuk mengolahnya kembali. Coba saja untuk pertama kali dengan mencermati resep di bawah ini!

Bahan:

  • 1.000 gram ikan sepat atau pakasam

Bumbu:

  • 3 buah cabai merah
  • 3 buah cabai hijau
  • 4 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih ikan pakasam yang telah Anda siapkan serta bumbu-bumbu lain seperti cabai dan bawang.
  2. Kemudian Anda bisa merajang bumbu tersebut tipis-tipis dan tumis menggunakan minyak goreng yang telah dipanaskan sebelumnya hingga harum
  3. Jika sudah harum, masukkan ikan pakasam dan goreng hingga matang sembari diaduk-aduk agar meresap sempurna
  4. Angkat lalu sajikan di piring saji dan siap dinikmati

Itulah tadi resep sambal pakasam sapat khas Kalimantan Selatan. Ikan pakasam atau ikan sepat yang Anda gunakan bisa diganti dengan ikan papuyu ataupun ikan gabus. Bila susah mencarinya, pilihlah ikan yang terakhir karena banyak dijual di pasar tradisional. Yang pasti kekhasan rasanya tidak akan berkurang dan cocok di lidah Anda, bukan? Dengan adanya hidangan ini, Anda tidak perlu memasak hidangan yang ribet. Kalau ada yang mudah, kenapa memilih yang susah? Baca Juga : Resep Membuat Gangan Asam Daging Khas Kalimantan Selatan

Karena itulah resep sambal pakasam sapat khas Kalimantan Selatan hadir untuk Anda. Jadi, Anda bisa segera mengolahnya di rumah lalu menyantap hidangan yang sudah jadi bersama keluarga. Mereka sudah pasti menyukainya, apalagi kalau Anda sendiri yang mengolah makanan tersebut. Untuk lebih memuaskan diri Anda, silahkan membagi resep sambal pakasam sapat khas Kalimantan Selatan ini untuk teman dan tetangga. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D