Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 05 Desember 2015

Resep Membuat Sarikaya Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Sarikaya Khas Kalimantan Selatan – Sarikaya merupakan nama buah yang berwarna hijau dengan ciri khas terdapat benjolan pada setiap sisi tubuhnya. Buah ini memiliki rasa yang manis dan biji yang banyak. Tapi ternyata ada yang menyamainya untuk dijadikan nama sebuah makanan khas. Apa sebenarnya makanan tersebut? Ya, sarikaya merupakan kue yang berasal dari Banjar, Kalimantan Selatan. Kue ini sering disebut-sebut mirip dengan bolu karena tekstur dan bentuknya. Tapi, bila dirasakan lagi ternyata ada sedikit perbedaan di dalamnya.

Kekhasan rasa yang dihadirkan resep sarikaya khas Kalimantan Selatan membuat Anda bisa membedakan hidangan ini dengan bolu yang sudah lama dikenal masyarakat. Bahan bakunya memang hampir sama walau dengan hasil yang berbeda, yaitu gula merah, gula pasir, telur ayam, santan dan larutan maizenna. Kemudian diolah bersama bumbu lainnya dan hasilnya adalah kue sarikaya yang nikmat itu!
Sarikaya Khas Kalimantan Selatan
Sarikaya Khas Kalimantan Selatan
Anda dapat membuat makanan ini di rumah dengan bantuan resep sarikaya khas Kalimantan Selatan. Cara membuatnya dengan resep tersebut sangatlah mudah. Anda bisa langsung menyiapkan bahan-bahan sesuai dengan takaran yang ada lalu membaca dengan cermat langkah-langkah di dalamnya. Berikutnya, olah sendiri di dapur Anda dan hasilkan kue sarikaya dengan rasa istimewa.

Mari simak kelanjutan resep sarikaya khas Kalimantan Selatan di bawah ini supaya Anda tidak bingung!

Bahan:

  • ½ ons gula pasir
  • 1 ½ ons gula merah
  • ¼ sendok teh vanili
  • 4 butir telur ayam
  • 3 gelas santan
  • Garam secukupnya
  • 6 sendok makan larutan maizenna

Cara Membuat:

  1. Jika sudah menyiapkan semua bahan-bahan dan bumbunya, Anda bisa mencampurkan santan dengan telur dalam sebuah wadah. Kocok dan aduk
  2. Tambahkan gula pasir, gula merah, larutan maizenna, garam dan vanili lalu aduk sampai semua bumbu tercampur rata
  3. Siapkan cetakan dan tuang adonan ke dalamnya. Ratakan lalu kukus hingga kue sarikaya matang selama dua menit. Biarkan adonan mengembang sempurna
  4. Kalau sudah mengembang, angkat dan tiriskan. Dinginkan beberapa saat lalu hidangkan di piring saji dan siap dinikmati

Nikmati kue dari resep sarikaya khas Kalimantan Selatan ini ketika waktu santai datang. Anda bisa menjadikannya camilan untuk menonton TV ataupun berbincang bersama keluarga. Selama ada minuman yang pas sebagai teman ngemilnya, sarikaya buatan Anda tidak akan membosankan! Makanya, buat lagi jajanan ini untuk acara-acara yang akan diadakan di rumah. Supaya Anda tidak perlu berurusan dengan pihak katering lagi.

Baca Juga : Resep Membuat Gangan Asam Patin Khas Kalimantan Selatan
Tertarik dengan solusi dari resep sarikaya khas Kalimantan Selatan ini? Silahkan menyimpannya di bookmark agar tidak hilang dan Anda tetap bisa mengolahnya sampai kapanpun. Sampai jumpa dan salam koki untuk Anda!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D