Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 05 Desember 2015

Resep Membuat Serabi Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Serabi Khas Kalimantan Selatan – Serabi adalah makanan khas Indonesia yang cukup terkenal. Serabi yang paling terkenal adalah di Solo. Serabi Solo memang juara, baik rasa maupun tekstur dan tingkat kematangannya. Anda bisa menemukannya dengan mudah dimanapun, karena banyak kota-kota yang sudah tergapai sajian lezat ini. Dengan beberapa rupiah saja, satu kotak serabi Solo sudah tersaji di hadapan Anda. Rasanya beragam pula.

Tapi jangan salah! Ternyata tidak hanya Solo yang memiliki hidangan khas berupa serabi. Kalimantan Selatan juga merupakan salah satunya. Resep serabi khas Kalimantan Selatan kali ini menggunakan potongan nangka sebagai topingnya. Dengan saus kinca yang terbuat dari gula merah, sudah pasti makanan ini akan langsung membuat Anda ngiler.
Serabi Khas Kalimantan Selatan
Serabi Khas Kalimantan Selatan
Anda bisa langsung mencoba membuatnya dengan memperhatikan keseluruhan isi resep. Kalau sudah, siapkan semua bahan dan terapkan langkah-langkah yang ada. Resep serabi khas Kalimantan Selatan akan membantuk Anda menyajikannya.

Bahan:

  • 2 ¾ gelas santan dari ½ butir kelapa
  • 259 gram tepung beras
  • ½ butir kelapa agak tua, parut dan kukus
  • 50 ml air perasan daun pandan
  • Kinca secukupnya
  • ½ sendok teh garam

Bahan Rebusan:

  • ½ liter santan kental dari ½ butir kelapa
  • 1 ons gula merah, sisir halus
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 ons nangka tanpa biji, potong sesuai selera
  • ½ sendok teh garam

Cara Membuat:

  1. Pertama, Anda bisa menyiapkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat serabi. Setelah itu, silahkan mencuci nangka sampai bersih setelah memotonginya sesuai selera
  2. Rebus santan sembari diaduk-aduk hingga mendidih. Angkat lalu diamkan beberapa saat supaya agak suam-suam kuku
  3. Campurkan tepung beras, garam dan kelapa hingga rata. Tuangi santan dan air daun pandan sedikit demi sedikit sembari diaduk dan dipukul-pukul
  4. Lakukan langkah tersebut sampai membentuk adonan licin kira-kira setengah jam. Lalu siapkan wajan tanah liat dan panaskan di atas arang.
  5. Olesi wajan tersebut dengan minyak secukupnya lalu tuang sekitar 2 sendok makan adonan dan jangan lupa taburkan potongan nangka di atasnya. Masak hingga berlubang
  6. Tutup wajan tersebut lalu masak hingga matang. Angkat serta lakukan seterusnya hingga adonan serabi habis
  7. Sajikan kue serabi di piring saji bersama saus kinca.
  8. Hidangan serabi khas Kalimantan Selatan siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Dodol Kandangan Khas Kalimantan Selatan
Usai sudah resep serabi khas Kalimantan Selatan. Anda bisa mengganti topingnya dengan bahan makanan apapun, seperti keju, cokelat, kacang dan lain sebagainya. Yang penting tetap lezat dan diolah menggunakan resep serabi khas Kalimantan Selatan. Selamat berkreasi dengan semua resep khas Indonesia ang ada dan salam koki untuk Anda!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D