Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 27 Januari 2016

Resep Membuat Jaruk Kalangkala Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Jaruk Kalangkala Khas Kalimantan Selatan – Kalau berbicara tentang kuliner Banjarmasin, Kalimantan Selatan sudah pasti tidak ada habisnya. Provinsi tersebut memiliki lebih dari 20 makanan khas dengan rasa yang nikmat dan istimewa. Olahannya yang meskipun sederhana bisa membuat penikmatnya tertarik dan ketagihan. Seperti contohnya adalah hundang jarang manis, katupat kandangan, aneka gangan dan samu papuyu. Beberapa makanan tersebut hanya diolah dengan sedikit bumbu serta rempah namun mampu membuatnya terlihat istimewa dan khas.

Adalah jaruk kalangkala yang merupakan salah satu kuliner orang Banjar dengan kekhasan rasa yang tak tertandingi. Makanan ini juga merupakan kuliner dengan bahan serta bumbu yang lumayan sedikit, namun mampu membuat penikmatnya rindu akan kampung halaman. Bahan utama untuk membuat makanan ini adalah biji kalangkala. Lalu diolah bersama garam, gula pasir, cabai merah dan air hangat, kemudian didiamkan selama beberapa jam di dalam toples. Setelah itu, makanan dengan resep jaruk kalangkala khas Kalimantan Selatan ini bisa langsung dinikmati maupun diolah kembali.
Jaruk Kalangkala Khas Kalimantan Selatan
Jaruk Kalangkala Khas Kalimantan Selatan
Mudah, bukan membuatnya dengan resep jaruk kalangkala khas Kalimantan Selatan? Anda hanya perlu menyiapkan semua bahan dan bumbu yang diperlukan lalu mulai mengikuti langkah-langkah yang ada secara berurutan. Kalau sudah, sajikan makanan ini di meja makan dan santap sebagai camilan maupun lauk bersama keluarga. Pasti akan sangat nikmat dan lengkap kebersamaan Anda.

Nah, untuk itu, baca dengan cermat resep jaruk kalangkala khas Kalimantan Selatan untuk mempermudah Anda membuatnya di rumah!

Bahan:

  • 20 biji kalangkala
  • 1 sendok teh garam
  • Gula pasir secukupnya
  • Air hangat secukupnya
  • Cabai merah secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan dan bumbu yang digunakan untuk membuat jaruk kalangkala.
  2. Setelah itu, cuci kalangkala sampai bersih dan tiriskan
  3. Taruh dalam wadah atau toples untuk proses pengolahan selanjutnya
  4. Masukkan air hangat, garam, gula pasir dan cabai secukupnya dalam toples yang sudah berisi biji kalangkala tersebut
  5. Diamkan selama kira-kira satu hari.
  6. Esoknya, buka toples dan silahkan dinikmati

Sedap sekali, bukan makanan dengan resep jaruk kalangkala khas Kalimantan Selatan di atas? Segera santap bersama orang terkasih supaya kekhasan rasanya bisa menemani Anda bersantai bersama keluarga. Jangan lupa membagikan hidangan ini kepada teman dan saudara agar mereka juga bisa bangga kepada Anda yang telah membuatnya.

Baca Juga : Resep Membuat Brokoli Tumis Hoisin Khas Kalimantan Selatan
Bagikan juga resep jaruk kalangkala khas Kalimantan Selatan ini kepada sahabat dan tetangga agar mereka bisa membuat keluarga masing-masing bahagia. Membuat makanan ini sebagai camilan keluarga, kan tidak terlalu susah! Selamat berkreasi dengan hidangan buatan Anda dan salam koki. Jangan lupa mampir untuk mencoba resep-resep berikutnya dari kami!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D